Hari Nelayan Nasional Momentum Menjadikan Kehidupan Nelayan Lebih Baik

Ilustrasi-Perahu nelayan tengah bersandar di pantai./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta- Hari Nelayan Nasional diperingati tiap tanggal 6 April. Pada peringatan tahun ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Hari Nelayan Nasional dapat menjadi momentum kebangkitan nelayan Indonesia menuju kehidupan lebih baik.

“Jadikan Hari Nelayan Nasional sebagai momentum kebangkitan bagi Nelayan Indonesia untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, berkomitmen memajukan kesejahteraan nelayan, terutama di tengah menghadapi pandemi Covid-19,” ucap Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/4/2021).

Bamsoet menyampaikan apresiasinya kepada seluruh nelayan dan pelaut Indonesia atas jasa yang telah diberikan selama ini. Ia juga meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP lebih memperhatikan nasib para nelayan.

“Mendorong pemerintah, dalam hal ini KKP, mendukung dan memberikan bantuan kemudahan kepada para nelayan,” ujarnya.

Bantuan dapat berupa perizinan melaut, bantuan untuk pengadaan alat tangkap, dan pemasaran hasil tangkapan nelayan, agar dapat memberdayakan kekayaan laut yang dimiliki oleh Indonesia.

“Sehingga hasil perikanan dalam negeri sebagai salah satu sumber pangan, dapat terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Selain itu, mendorong KKP meningkatkan peran pelayanan melalui penyediaan Pangkalan Pendaratan Ikan/PPI beserta sarana pendukungnya di sentra-sentra nelayan, seperti ketersediaan bahan bakar minyak/BBM, air bersih, es batu, hingga cold storage.

“KKP bersama Perbankan, mengoptimalkan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.

Hal ini penting untuk memutus aktivitas rentenir agar nelayan tidak terjebak hutang dengan bunga tinggi, serta melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap jumlah nelayan di Indonesia, khususnya yang terdampak pandemi covid-19, sehingga dapat segera dipastikan dan disalurkan bantuan sosial/bansos secara tepat sasaran.

Pemerintah dan KKP juga diminta berkomitmen memberikan perlindungan terhadap hak-hak nelayan dalam hal kesejahteraan di sektor perikanan dan kelautan nasional.

Bamsoet mengatakan hal itu penting ditekankan mengingat kesejahteraan nelayan sangat penting karena nelayan memiliki peran yang besar di Indonesia yang merupakan Poros Maritim Dunia.(har)

Comments

comments