Harun Masiku tak Kunjung Ketemu, ICW Minta Tim Satgas KPK Dibubarkan

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pamolango, Selasa (29/9) mengingatkan putusan pengurangan hukuman bagi koruptor oleh Mahkamah Agung (MA) jangan sampai menggerus rasa keadilan dan semangat pemberantasan korupsi./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta agar Tim Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memburu Harun Masiku dibubarkan.

“Sebab, sampai saat ini efektivitas dari tim tersebut tidak kunjung terlihat,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (23/10).

Harun Masiku merupakan tersangka suap proses pergantian antar waktu (PAW) Anggota DPR RI.

Kurnia menyarankan agar pimpinan KPK melakukan evaluasi terhadap Deputi Penindakan, sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kinerja Tim Satgas pencarian politisi PDI Perjuangan itu.

Terhadap kinerja KPK yang makin menurun ini, ICW minta Dewan Pengawas mengawasi menyikapinya dengan serius.

“Misalnya, panggil Ketua KPK dan Deputi Penindakan untuk dimintai keterangan terkait kendala-kendala apa saja yang dihadapi untuk dapat menemukan dan menangkap Harun Masiku,” jelasnya.

Kurnia melihat, kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri terus menurun dalam menindak pelaku korupsi di bangsa ini.

Sementara itu, Deputi Penindakan KPK Karyoto mengakui hingga kini tim penyidik KPK masih terus melakukan pencarian kepada Harun Masiku. (rht)

Comments

comments