Hasil Hitung Cepat Pilkada 2020, Putra dan Menantu Jokowi Unggul

Dokumentasi - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Dari 270 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020, Pemilihan Walikota (Pilwakot) Solo dan Pilwakot Medan menjadi pusat perhatian publik.

Pasalnya, pada Pilwakot Solo, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu kontestan, sedangkan di Pilwakot Solo menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution juga menjadi Cawalkot.

Hampir semua lembaga survei melakukan hitung cepat di Solo dan Medan tersebut termasuk lembaga stasiun televisi yang tidak ketinggalan menyiarkannya.

Hasil hitung cepat (quick count) sementara Pilkada 2020 di Solo dan Medan pada Rabu (9/12/2020) hingga pukul 16.30 WIB, Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakoso mengungguli Paslon nomor urut 1 bersaing dengan Bagyo Wahyono-FX Supardjo dengan nomor urut 2.

Sementara, menantu Presiden Jokowi, Paslon dengan nomor urut 2, Bobby Nasution berpasangan dengan Calon Wakil Walikota Aulia Rachman yang menjadi rival Paslon petahana Akhyar Nasution- Salman Alfarisi dengan nomor urut 1.

Dari hasil perhitungan sementara di dua lembaga survei, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution unggul di Pilkada 2020.

Pilkada Solo 2020

Perolehan suara Gibran-Teguh memperoleh hasil sementara yang terlampau jauh dari rivalnya.

Hasil quick count versi Voxpol Center, Gibran Rakabuming – Teguh Prakoso mendapat 86,65% suara. Sementara, Bagyo Wahyono – FX Supardjo mendapat 13,34% dengan suara yang masuk mencapai 100,00%.

Hasil quick count Charta Politika, dari 99,50% suara yang masuk, Pasangan Gibran Rakabuming – Teguh Prakoso memperoleh 87,15%. Sementara pasangan Bagyo Wahyono – FX Supardjo, hanya mendapat 12,85%.

Paslon Gibran-Teguh diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan tujuh parpol lain baik di parlemen maupun non-parlemen.

Dan paslon Bajo merupakan calon independen dengan jumlah dari masyarakat sebanyak 38.831 dukungan.

Pilkada Medan 2020

Pada Pilwakot Medan persaingan ketat terjadi dalam perolehan suara anatara Paslon nomor urut 1 Akhyar Nasution – Salman Alfarisi dan dengan Paslon nomor urut 2 Bobby Nasution – Aulia Rachman.

Hasil quick count Poltracking, Akhyar Nasution – Salman Alfarisi mendapat 45,85% suara. Sedangkan Bobby Nasution – Aulia Rachman mendapat unggul dengan 54,15% suara.

Sementara suara yang masuk baru 97,14%.

Versi Voxpol Center, suara masuk sudah 95,71%, pasangan Bobby – Aulia memperoleh 53,33%. Sementara pasangan Akhyar Nasution – Salman Alfarisi, hanya mendapat 46,66%.

Versi Populi Center, suara yang masuk sudah mencapai 100,50%. Pasangan Bobby Nasution – Aulia Rachman unggul 53,34%. Sementara Akhyar Nasution – Salman Alfarisi mendapat 46,66%suara.

Pasangan calon nomor urut 1 Akhyar-Salman didukung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Untuk paslon nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman diusung PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, PSI, Hanura, Golkar dan NasDem.(har)

 

Comments

comments