Hati-hati, Stroke Mengintai Orang yang Kekurangan Vitamin C

Ilustrasi--sumber foto heart.org

Acuantoday.com— Rajinlah mengkonsumsi vitamin C. Tidak harus dari suplemen tapi dari makanan sehari-hari pun ada, seperti sayur-sayuran juga buah-buahan. Sebuah penelitian di Prancis menyebutkan, mereka yang  kekurangan vitamin C kemungkinan memiliki risiko lebih besar mengalami pendarahan di otak atau stroke hemoragik.

Stroke hemoragik adalah kondisi pecahnya salah satu arteri dalam otak yang memicu perdarahan di sekitar organ tersebut sehingga aliran darah pada sebagian otak berkurang atau terputus. Tanpa pasokan oksigen yang dibawa sel darah, sel otak dapat cepat mati sehingga fungsi otak dapat terganggu secara permanen.

Stroke hemoragik mempengaruhi 15 persen dari semua jenis stroke, namun biasanya stroke jenis ini lebih mematikan daripada stroke iskemik, stroke yang terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat.

“Studi ini menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin C dalam tubuh bisa memperbesar risiko pendarahan di otak secara tiba-tiba,” kata peneliti utama tersebut, Dr Stephane Vannier dari Pontchailloun University Hospital di Rennes, sebagaimana dilansir newsmaxhealth.com

Keterkaitan ini mungkin berhubungan dengan peran vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah, kata Vannier. Meskipun mengungkap hubungan antara kadar vitamin C dan risiko stroke hemoragik, namun studi ini tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat secara langsung.

Vitamin C ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti buah jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, paprika dan brokoli.

Vannier mengatakan temuan memberikan alasan untuk menguji efektivitas suplemen vitamin C dalam mencegah pendarahan otak. Namun begitu, ia tidak  merekomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin C  ketika Anda tidak kekurangan nutrisi tersebut.  ” Kami benar-benar tidak merekomendasikan menggunakan suplemen vitamin C ketika tidak ada kekurangan nutrisi ini , ” katanya.

Tapi dr Ken Uchino, seorang spesialis stroke yang di Klinik Cleveland di Ohio , mengatakan penelitian lain perlu dilakukan  mengkonfirmasi kemungkinan hubungan antara kadar vitamin C dan pendarahan otak . “Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit kudis , juga menyebabkan gusi berdarah,”  kata  Uchino  sembari menambahkan,  vitamin C  memiliki hubungan dengan integritas jaringan.

“Orang bisa berspekulasi bahwa mungkin ada hubungannya dengan perdarahan otak . Namun kekurangan vitamin C,  mungkin hanya mengindikasikan gaya hidup yang tidak sehat secara keseluruhan,” ucapnya.***dian

Comments

comments