Hindari Diabetes dengan Konsumsi Sebutir Apel Setiap Hari

Ilustrasi---sumber gambar thankyourbody.com

Acuantoday.com— Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dapat menangkal diabetes tipe 2. Demikian diungkap oleh sebuah penelitian yang diterbitkan ‘The BMJ’ secara online baru-baru ini.

Mengutip health.harvard.edu,  studi tentang itu melibatkan orang cukup banyak sekitar 340.000 orang berasal dari delapan negara di Eropa. Para ilmuwan memilih 9.754 peserta yang didiagnosis dengan diabetes selama satu dekade.

Para peneliti membandingkan asupan buah dan sayuran dari orang-orang ini dengan sekitar 13.000 peserta yang tetap bebas diabetes selama masa studi. Para peneliti juga mengukur tingkat darah dari tujuh nutrisi utama yang diturunkan dari tumbuhan, termasuk vitamin C dan pigmen antioksidan berwarna cerah yang disebut karotenoid.

Hasilnya, orang yang tinggi asupan buah dan sayuran dan serta memiliki kadar nutrisi nabati tinggi dalam darah, 25% hingga 50% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes selama masa studi, dibandingkan dengan mereka yang hanya sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran atau memiliki tingkat nutrisi rendah.

Bahkan lebih baik, tidak perlu banyak tambahan hijau, merah, kuning, dan oranye (aneka sayuran dan buah) di piring untuk mengurangi risiko diabetes. Cukup dengan dua pertiga apel sedang atau lebih dari sepertiga cangkir buah campuran setiap hari dapat melindungi dari serangan diabetes. ***dian

Comments

comments