Hoaks, Jakarta Lockdown pada 12-15 Februari 2021

Dokumentasi - Pemberitahuan tentang berita hoaks dari kemneterian Kominikasi dan Informasi (Kominfo) terkait lockdwon akhir pekan pada 12 Februari-15 Februari 2021

Acuantoday.com, Jakarta- Di media sosial Facebook, tersiar informasi yang menyebut DKI Jakarta akan lockdown pada akhir pekan depan. Disebutkan, lockdown di Ibu Kota itu akan berlangsung mulai Jumat (12/2/2021) malam hingga Senin (15/2/2021) pagi.

Adapun informasi tersebut diklaim bersumber dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya mengumumkan soal hal itu di media televisi.

Berdasarkan keterangan dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, Jumat (5/2) menjelaskan pada berita bohong alias hoaks.

Narasi yang beredar Setelah dilakukan penelusuran, ada sejumlah akun Facebook yang menyebarkan informasi tidak benar tersebut.

“Faktanya, informasi tersebut adalah hoaks.Hingga dokumen ini dibuat dan dirilis, belum ada pengumuman resmi terkait diberlakukannya lockdown untuk wilayah DKI Jakarta” Tulis pemberitahuan dari Pejabat Kementerian Kominfo.

Berikut narasi yang tersebar: “sdh lihat/ nontonn TV blm. Barusan di umumkan oleh Jokowi presiden Mulai tgl 12 hari jumaat jam 8.00 malam sp tgl 15 hari senen pagi jam.5.00 Jkt Lockdown tidak boleh keluar Rumah sama sekali dan toko2 .S.M .Rest. semua tutup. Semua hrs diam dirumah. harus sedia bahan makanan buat masak di Rumah jgn main. Keluar rumah di tangkap lgs Di Swap . Dan di denda besar sekali. HATI. WARNING“.(har)

Comments

comments