Horeee! Tempat nge-Gym Buka Lagi

Dua anggota (member) pusat kebugaran berolahraga angkat beban di Jakarta, Kamis (27/8/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Acuantoday.com— Mau tidak mau masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat kebanyakan aktivitas dilakukan di rumah saja. Termasuk berolahraga. Mereka yang rutin ke gym (pusat kebugaran) terpaksa harus puas berolahraga di rumah dengan peralatan (olahraga) yang terbatas.

Nah hari ini kerinduan berolahraga di gym akan terobati. Karena mulai Senin (12/10/2020), Pemda DKI Jakarta memberlakukan PSBB Transisi atau pelonggaran terhadap pembatasan-pembatasan yang diberlakukan selama ini. Ini termasuk pembukaan kembali pusat-pusat kebugaran yang tadinya termasuk dilarang beroperasi. Tentunya dengan sejumlah syarat.

Ada enam ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya, maksimal hanya diizinkan 25 persen dari kapasitas, jarak antarorang dan antaralat harus diatur secara signifikan dengan minimal jarak dua meter. Tidak mengizinkan adanya latihan bersama di dalam ruangan, latihan semacam itu hanya diperbolehkan di luar ruangan (outdoor).

Ketentuan lainnya, pengelola diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada area publik yang dipakai bersama-sama. Kelima, pengelola harus menyiapkan fasilitas dalam ruangan (indoor) dilengkapi dengan alat pengatur sirkulasi udara. Juga, petugas di lokasi diwajibkan untuk memakai masker, “face shield” dan sarung tangan. Jam yang ditentukan boleh beroperasinya gym adalah dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Selain itu, tempat usaha pusat kebugaran juga diharuskan untuk melakukan pendataan pengunjung dengan menyediakan buku tamu yang mewajibkan pengunjung untuk mengisi tanggal kunjungan, waktu kedatangan, waktu pulang, nama lengkap, jumlah rombongan, enam angka pertama NIK dan nomor ponsel.***nin

Comments

comments