Hormati Nakes, Kemenkes Ajak Masyarakat Tepuk Tangan 56 Detik Siang Ini

Acuantoday.com, Jakarta―Kementerian Kesehatan (Kemenkes) punya cara berbeda dalam merayakan Hari Kesehatan Nasional saat masa pandemi ini.

Masyarakat diajak untuk bertepuk tangan serentak selama 56 detik pada Kamis (12/11) siang ini.

Aksi tepuk tangan itu ditujukan untuk penghormatan para tenaga kesehatan yang tengah berjuang melawan pandemi COVID-19.

“Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk menunjukkan penghormatan atas kerja keras para tenaga kesehatan dan pekerja lainnya yang masih harus tetap bekerja selama masa pandemi ini,” tutur Dirjen Kesmas, dr. Kirana Pritasari dalam siaran persnya.

Pada waktu yang ditentukan, masyarakat diharapkan untuk berdiri sejajar di depan rumah atau lokasi masing-masing. Warga diimbau untuk melakukan tepuk tangan selama 56 detik pada pukul 12.00 WIB, 13.00 WITA, atau 14.00 WIT.

Selain itu, setiap warga bisa menyiapkan pesan #satukertascegahcovid19 yang berisikan narasi dukungan bagi nakes dan unsur masyarakat yang melaksanakan pencegahan virus corona

Proses tepuk tangan diimbau untuk diliput dan dipublikasikan melalui media sosial masing-masing.

Sedangkan masyarakat yang sedang berada di luar rumah atau tempat-tempat umum seperti, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pasar, atau pusat perbelanjaan juga bisa mengikuti gerakan ini.

Hal serupa pun juga dilakukan bagi institusi/tempat kerja. Perwakilan dari masing-masing unit kerja berdiri sejajar di depan kantor atau depan jalan raya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan jaga jarak dan menggunakan masker.

Aksi tepuk tangan diharapkan berlangsung dengan penuh sukacita, seraya mengingat perjuangan para tenaga kesehatan yang sudah gugur saat mengemban tugas memerangi COVID-19. Sejauh ini, menurut data Ikatan Dokter Indonesia (IDI) per 10 November 2020, sebanyak 282 nakes meninggal dunia. (rwo)

Comments

comments