Hukuman Dipotong Pengadilan Tinggi, KPK Ajukan Kasasi Kasus Eks Bupati Bengkalis

Bupati nonaktif Bengkalis Amril Mukminin. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Setelah Pengadilan Tinggi Pekanbaru memangkas hukuman Bupati nonaktif Bengkalis Amril Mukminin dalam sebuah putusan banding, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terima dan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung agar hukuman terpidana diperberat.

“Tim jaksa penuntut umum (JPU) KPK telah menyatakan upaya hukum kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru,” kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulis yang diterima AcuanToday.com, Minggu (7/2/2021).

Pengajuan kasasi ke MA tersebut, ucap Ali, karena KPK menilai Pengadilan Tinggi Pekanbaru telah salah dalam memberikan penilaian terhadap dakwaan penerimaan gratifikasi.

Menurut Ali, KPK telah secara meyakinkan dan berdasarkan bukti-bukti kuat menunjukkan Bupati nonaktif Bengkalis Amril Mukminin menerima pemberian dari pihak lain yang menurut undang-undang Tipikor adalah perbuatan yang dilarang.

“JPU memandang ada kekeliruan dalam pertimbangan putusan hakim tersebut terutama dalam hal tidak terbuktinya dakwaan penerimaan gratifikasi sebagaimana Pasal 12B,” papar Ali.

Sebagaimana diketahui, pada putusan di tingkat pertama, yaitu Pengadilan Negeri Pekanbaru, Riau, hakim menjatuhkan vonis 6 tahun penjara terhadap Amril Mukminin, karena menerima suap proyek multiyears (tahun jamak) pembangunan jalan Duri-Sei Pakning di Kabupaten Bengkalis. (Mmu)

Comments

comments