Hutang Menumpuk? Lakukanlah Financial Check Up

Ilustrasi-- suber gambar moneyunder30.com

Acuantoday.com— Situasi perekonomian sedang sulit. Pemasukan berkurang, sementara ada sejumlah kewajiban (hutang) yang harus dibayar. Bagaimana menyiasatinya. Bagi mereka yang tidak memanage keuangannya dengan baik, pasti kondisi ini membuat kelabakan.

Berikut ada beberapa saran dari Mike Rini Sutikno, perencana keuangan dari MRE (Mitra Rencana Edukasi).

Hal pertama, kata Mike, lakukanlah  financial check up untuk mengetahui apakah keuangan kita sehat atau tidak. “Yang paling mudah adalah, total saja hutang kita dan total harta atau penghasilan kita sebulan. Kita lihat setiap bulan cicilan hutang, berapa yang harus dibayar,  apa sanggup kita membayarnya. “

“Dalam perencanaan keuangan itu jangan takut menghitung-hitung. Dari sana baru kita bisa menetapkan prioritas yang harus diperbaiki.  Soal investasi, itu  baru bisa dilakukan kalau permasalahan kita sudah selesai,” tuturnya.

Mike menyarankan, agar jika ada masalah pada keuangan hendaknya diselesaikan terlebih dahulu. Masalah hutang, misalnya, itu harus menjadi prioritas untuk diselesaikan. “Ini (hutang) memang menjadi kebiasaan sebagian orang. Padahal bisa membayar lunas, namun orang lebih senang menyicil-nyicil,  dan akhirnya terjerat hutang. Fokus selesaikan agar keuangan jadi sehat,” tegasnya.

Menurutnya, ada saat tertentu dimana kita harus fokus, termasuk menetapkan prioritas penggunaan uang. Tapi ada saatnya juga dimana kita bisa memulai diversifikasi. “Misalnya keuangan tidak bermasalah, kemudian kita menetapkan prioritas atau fokus pada dana pendidikan dan dana pensiun. Nanti bisa dilihat, jika dalam perjalanannya, ternyata semua itu bisa terkendali bahkan ada dana sisa, baru lah bisa menabung untuk modal usaha misalnya,” kata Mike.

“Persoalannya adalah, sebagian orang punya kebiasaan untuk melakukan semuanya sekaligus. Ingin punya rumah, ingin dana pendidikan, dana pensiun,  dll, semuanya dikerjakan sekaligus, padahal uangnya tidak ada. Hal ini lah yang dikemudian hari bakal merepotkan atau jadi masalah. Karenanya menetapkan prioritas penggunaan uang adalah penting,” tambahnya. ***dian

Comments

comments