Ingat, Salah Pilih Masker  Bisa “Gawat”

Acuantoday.com, Jakarta – Jangan gunakan masker sembarangan. Salah pilih  masker, akibatnya bisa fatal: terpapar COVID-19.

“Gunakan masker sesuai dengan kondisi. Selain itu yang tak kalah penting lagi adalah kedisiplinan dan ketaatan dalam menggunakan masker yang benar,” ujar ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dr Tonang Dwi Ardyanto, PhD, Selasa (6/10).

Sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, kata Tonang, masker yang digunakan sebaiknya tiga lapis. Bahkan laporan jurnal menyebutkan tiga lapis yang berbeda bahannya, karena sifatnya tidak hanya untuk penyaringan.

“Tetapi juga untuk sifat elektrostatis yang terjadi antarbahan berbeda tersebut,” ujarnya.

Sementara untuk di tempat umum atau kerumunan maupun di rumah sakit, maka masker yang digunakan minimal masker medis atau bedah.

“Masyarakat diharapkan dapat menggunakan masker yang memenuhi rekomendasi WHO tadi,” ujar dia.

Sementara menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Ari F Syam, yang dianjurkan adalah  masker tiga lapis.

“Kalau yang umum itu, yaitu masker bedah. Namun masalahnya maskernya terbatas. Jadi kalaupun menggunakan masker, yaitu harus yang tiga lapis,” katanya.

Penggunaan masker, menurut dia,  tergantung pada kebutuhan dan tempat di mana masker itu digunakan. Jika di rumah sakit,  yang digunakan adalah masker bedah. Sementara jika hanya  bertemu dengan orang lain, maka dapat menggunakan masker kain tiga lapis.

“Karena kalau satu lapis, perlindungannya kurang,” ujar dia. (Yoni)

Comments

comments