Inggris Segera Lakukan Vaksinasi COVID-19 Pfizer

Vaksin COVID-19 buatan Pfizer/Reuters/ Dado Ruvic

Acuantoday.com, London – Inggris akan meluncurkan vaksinasi COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech,  Selasa (8/12) waktu setempat, sekaligus menjadi negara Barat pertama yang mulai memvaksinasi warganya.

Inggris adalah negara Eropa yang terparah terdampak COVID-19, dengan lebih dari 61.000 kematian. Perdana Menteri Boris Johnson berharap peluncuran vaksin Pfizer / BioNTech bisa membalikkan keadaan .

Inggris menyetujui vaksin untuk penggunaan darurat kurang dari seminggu yang lalu, dan meluncurkannya melalui National Health Service (NHS).

“Penyebaran vaksin ini menandai titik balik yang menentukan dalam pertempuran melawan pandemi,” kata kepala eksekutif NHS Simon Stevens.

“Staf NHS bangga menjadi yang terdepan sebagai layanan kesehatan pertama di dunia yang memulai vaksinasi dengan suntikan COVID ini,” tambah Simon.

Secara total, Inggris telah memesan 40 juta dosis suntikan Pfizer / BioNTech. Karena setiap orang membutuhkan dua dosis, itu cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang di negara berpenduduk 67 juta itu.

Sekitar 800.000 dosis diharapkan tersedia dalam minggu pertama. Penghuni panti asuhan dan pengasuh, yang berusia di atas 80-an dan beberapa petugas layanan kesehatan menjadi prioritas utama untuk mendapatkan vaksin Pfizer / BioNTech.

Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka terbukti 95 persen efektif dalam mencegah penyakit dalam uji coba tahap akhir. Secara keseluruhan, Inggris telah memesan 357 juta dosis dari tujuh vaksin COVID-19 yang berbeda. (Ria/Ant/ Reuters)

 

Comments

comments