Ingin Bayi Lahir Sehat, ‘Bumil’ Jangan Lupa Vitamin B12

Ilustrasi ibu hamil--foto webmd.com

Acuantoday.com— Banyak ibu hamil  tidak menyadari betapa pentingnya Vitamin B12 bagi kesehatan dirinya juga janin yang dikandungnya. Tak heran kalau dalam pemeriksaan kebidanan, banyak ditemukan wanita hamil kekurangan Vitamin B12. Padahal kadar Vitamin B12 yang memadai sangat penting untuk kehamilan yang sehat.

Mengutip healthline.com, studi menunjukkan bahwa otak dan sistem saraf janin membutuhkan kadar B12 yang cukup dari ibu untuk berkembang dengan baik. Kekurangan Vitamin B12 pada tahap awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti cacat tabung saraf. Selain itu, kekurangan Vitamin B12 pada ibu dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

Satu studi menemukan bahwa wanita dengan kadar Vitamin B12 lebih rendah dari 250 mg/ dL, tiga kali lebih mungkin melahirkan anak dengan cacat lahir, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar yang memadai. Untuk wanita dengan kekurangan vitamin B12 dan kadar di bawah 150 mg / dL risikonya lima kali lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita dengan kadar di atas 400 mg / dL.

Hal yang sama juga berlaku bagi ibu menyusui bahwa Vitamin B12 sangat penting bagi kesehatan sendiri juga bayinya. Vitamin B12 dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI serta produksi sel darah merah.***dian

 

Comments

comments