Ingin Berbisnis, Ini yang harus Disiapkan

Ilustrasi---sumber gambar medium.com

Acuantoday.com— Melihat orang lain berhasil dalam berbisnis, rasanya ingin juga ikut berbisnis. Namun ketika berkonsultasi, tanya sana-sini, tantangan yang dihadapi orang berbisnis, nyali pun seketika ciut. Memikirkan uang yang digelontorkan untuk berbisnis tidak sedikit, jika gagal bagaimana jadinya?

Menurut perencana keuangan, Ligwina Hananto, untuk berbisnis memang harus siap mental. Banyak orang tertarik berbisnis namun mengurungkan niatnya karena khawatir gagal.  Padahal kegagalan adalah kunci keberhasilan.

“Kalau gagal siap bangun lagi, gagal lagi bangun lagi. Jadi mental harus siap. Kalau tidak siap mental, lebih baik jangan berbisnis,” ungkap Wina, sapaan akrab Ligwina Hananto. Dari kegagalan, tambahnya, kita akan mendapat banyak pelajaran. “Kita justru banyak belajar ketika gagal,” ucap Wina yang sebelumnya juga pernah mencoba berbisnis dan berkali-kali gagal.

Banyak ilmu justru  didapat saat kita gagal. Ketika gagal, jangan terfokus pada kegagalan itu atau jangan terpaku pada kegagalan karena bisa membuat kita berhenti berusaha. Justru, kita melakukan evaluasi terhadap kegagalan yang terjadi,  mempelajarinya.

Semua bisnis, ada risikonya, termasuk masalah financial. Karenanya harus lebih teliti. Menurut Wina, sebelum memulai berbisnis selain mempersiapkan mental, juga harus memiliki pengetahuan terhadap produk dan bagaimana cara menjualnya. Survey menjadi sangat penting. Hal lainnya adalah ketelitian. ***dian

 

 

Comments

comments