Ingin Bugar Tanpa Olahraga, Ini Caranya

Ilustrasi--Foto Johner/ countryliving.com

Acuantoday.com— Tetap bugar tanpa olahraga, mungkinkah? Pada prinsipnya untuk menjaga kebugaran adalah kita harus aktif menggerakkan tubuh. Biasanya orang melakukannya dengan olahraga. Namun ada sebagian orang yang enggan berolahraga. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap bugar tanpa olahraga?

Tentu bisa, Karena seperti disebutkan sebelumnya bahwa untuk tetap bugar kita harus aktif menggerakkan tubuh. Olahraga hanya salah satu caranya. Artinya ada cara lain di luar olahraga yang bisa membantu kita tetap bugar. Lebih dari itu, sekarang masih masa pandemic Covid 19 dimana kita sebaiknya lebih banyak beraktivitas di rumah dibanding di luar rumah.

Berikut beberapa ide yang dikutip dari WebMD:

1.Video game

Anda dapat bermain anggar, mengotak, menari, dan bermain tenis virtual, bola basket, dan olahraga lainnya dengan video game. Dalam sebuah penelitian, orang yang berjalan, berlari, dan memanjat tikar khusus selama permainan atau bermain peran fantasi, sama artinya mereka telah melakukan banyak olahraga daripada menghabiskan waktu yang sama untuk kegiatan treadmill. Sebagai bonus, jika Anda memainkan game yang aktif, Anda cenderung melakukan lebih banyak latihan “non-game”.

2.Pekerjaan rumah

Anda bisa melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyedot debut ataupun mencuci mobil, dll. Kegiatan-kegiatan itu akan menggerakkan tubuh Anda. Pekerjaan rumah, tubuh Anda bugar dan mental sehat.

3.Berkebun

Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai olahraga, tetapi jika Anda menggali, membengkokkan, dan menjepit taman selama sekitar 30 menit, Anda akan mendapatkan latihan yang layak. Dan itu bahkan mungkin membuat suasana hati Anda lebih baik. Jika Anda tidak memiliki lahan sendiri, pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan di taman komunitas.

4.Seks

Kegiatan ini akan membakar sekitar 5 kalori per menit, sama banyaknya dengan dengan berjalan cepat. Dan Anda akan menggunakan jumlah oksigen yang sama seperti saat Anda menyapu daun. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu mencegah penyakit jantung, meskipun itu tampaknya hanya benar jika Anda berada dalam hubungan yang sehat.

5.Geocaching

Jika Anda suka berjalan-jalan dengan suatu tujuan, carilah secara online tempat-tempat “geocache” rahasia di kota, taman, atau di sepanjang jalur pendakian. Anda mengikuti petunjuk, biasanya koordinat GPS, untuk melacaknya. Anda dapat menemukan hadiah di cache atau menandatangani nama Anda di jurnal yang membuktikan bahwa Anda ada di sana.

6.Menari

Ini bisa bersifat sosial, dan sangat menyenangkan, bahkan jika Anda melakukannya sendiri. Ini dapat mengencangkan otot dan memperkuat jantung dan paru-paru Anda. Itu juga membuat Anda bersemangat. Yang Anda butuhkan hanyalah musik.***dian

 

 

 

Comments

comments