Ingin Segar Terus Sepanjang Hari, Ini Tipsnya

Ilustrasi--sumber foto healthline.com

Acuantoday.com— Bangun tidur namun merasa lemas bahkan terasa masih mengantuk. Padahal Anda harus segera bersiap untuk berangkat kerja. Beberapa alasan atas kondisi itu, salah satunya kemungkinan kurang tidur dan kelelahan fisik. Bagaimana cara mengubah kondisi itu.

Beberapa yang disarankan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung bee pollen atau serbuk sari lebah. Bee pollen  mengandung karbohidrat, protein, asam lemak, antioksidan, serta vitamin dan mineral. Bee pollen terbentuk dari campuran serbuk sari, nektar, madu, dan cairan tubuh lebah. Sedangkan madu, bee propolis, dan royal jelly adalah produk-produk lain yang dapat diperoleh dari lebah.

Beberapa tahun belakangan ini, bee pollen menjadi pusat perhatian karena dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian pun banyak dilakukan untuk membuktikan berbagai khasiat produk lebah tersebut.

Selain bee pollen juga disarankan untuk mengkonsumsi pisang. Kedua makanan ini dipercaya akan mengubah Anda yang masih mengantuk dan Lelah menjadi supercharged.

Makanan alami untuk menambah energi lebih baik ketimbang makanan olahan dengan tambahan gula. Makanan alami memberi dorongan yang dibutuhkan untuk membuat kita merasa ringan dan berenergi tanpa gangguan. Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan membantu melawan kelelahan dan menopang kita sepanjang hari.

Inilah makanan-makanan favorit untuk menambah energi alami!

1.Alpukat

Alpukat –sumber foto food ndtv,com

Alpukat sarat dengan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang memberikan energi tubuh kita yang akan bertahan selama berjam-jam. Mereka mengandung banyak serat, menjaga gula darah kita stabil sehingga kita dapat menghindari gula yang tinggi, yang diikuti dengan penurunan.

Coba tambahkan alpukat ke piring buah pagi Anda, masukkan ke dalam smoothie untuk tekstur krim yang lezat, atau pasangkan telur Anda dengan irisan alpukat untuk dorongan ekstra.

2.Semangka

Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan Anda bangun dengan perasaan tidak enak badan. Penting untuk mengemas diet Anda dengan makanan tinggi air (buah-buahan dan sayuran), dan semangka adalah salah satu sumber terbaik. Buah yang lezat ini mengandung 90 persen air, menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, serta mengandung asam amino L-citrulline, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot. Mulailah hari Anda dengan semangkuk semangka untuk hidrasi terbaik dan penambah energi

3.Almond

Almond– sumber foto grapetree.co.uk

Almond adalah sumber protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan berkualitas tinggi. Mereka dikemas dengan vitamin B yang membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi, dan kaya magnesium yang membantu melawan kelelahan otot. Tambahkan almond ke dalam granola pagi Anda atau ambil segenggam sebagai camilan pagi hari.

4.Kale

Kale mengandung vitamin esensial, mineral, dan antioksidan yang kita butuhkan untuk energi. Ini adalah sumber zat besi nabati yang bagus yang membawa oksigen ke jaringan dan sel kita yang dibutuhkan untuk berkembang. Kale juga merupakan sumber kalsium, folat, dan vitamin B.

Masukkan sayuran silangan ini ke dalam jus atau smoothie hijau pagi Anda, atau tambahkan ke dalam telur dadar dan lewatkan secangkir kopi kedua!

5.Bee pollen

Bee Polen–sumber foto alodokter

Makanan super alami, serbuk sari lebah dapat secara signifikan meningkatkan energi dan daya tahan fisik. Makanan ini tinggi vitamin B, asam amino, dan antioksidan yang disebut rutin yang penting dalam mendukung pembuluh darah yang sehat, meningkatkan sirkulasi, dan melawan peradangan. Tambahkan bee pollen sebagai taburan ke mangkuk smoothie pagi Anda untuk energi ekstra.

6.Pisang

Pisang adalah bahan bakar andalan Anda saat dalam perjalanan. Buah yang mengandung kalium ini mengandung banyak serat, yang memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, dan menyediakan sumber magnesium dan vitamin B. Tambahkan pisang ke sarapan parfait kelapa Anda atau ambil pisang utuh sebagai camilan ringan saat bepergian.

Pisang yang matang akan memberikan lebih banyak energi yang tersedia dalam bentuk gula, dibandingkan dengan pisang mentah. Mereka harus berbintik-bintik dan kuning, bukan hijau. Begitulah cara Anda mengetahui bahwa pati telah diubah menjadi gula yang dapat Anda cerna dengan baik dan gunakan untuk energi.

7.Bayam

Bayam adalah sumber vitamin C, folat, dan zat besi. Vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup ini penting untuk produksi energi. Kadar zat besi yang lebih rendah khususnya dapat menyebabkan kelelahan berat. Pasangkan telur adalah bayam tumis, dan tambahkan perasan jus lemon untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

8.Telur

Satu telur mengandung protein berkualitas tinggi dan lemak sehat, yang jika digabungkan akan membuat kita kenyang dan menawarkan energi yang berkelanjutan sepanjang hari. Telur adalah sumber berbagai vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12.

Jangan lupa untuk selalu makan telur utuh! Kuning telur adalah bagian yang paling bergizi, mengandung sebagian besar vitamin dan mineral telur dan jumlah protein total yang baik. Jangan khawatir soal kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol yang berasal dari makanan tidak berkorelasi dengan kolesterol dalam darah.***dian

 

Comments

comments