Ingin Wajah tak Berjerawat, Rajinlah Makan Ikan

Ilustrasi---sumber foto economictimes.indiatimes.com

Acuantoday.com— Keberadaan jerawat di wajah memang sangat meresahkan bukan hanya untuk para wanita tapi juga pria, apalagi kalangan milenial. Tak heran kalau obat-obat jerawat laris manis dipasaran. Ada beberapa saran yang dinilai ampuh mengenyahkan jerawat, salah satunya adalah rutin mengkonsumsi ikan ataupun suplemen minyak ikan.

Mengutip everydayhealth, minyak ikan secara teoritis dapat membantu mengurangi peradangan jerawat  yaitu, jerawat yang memerah, meradang dan menyakitkan, kata S. Tyler Hollmig, MD, Direktur bedah dermatologis dan direktur laser dan dermatologi kosmetik di The University of Texas di Austin.

Hasil penelitian di Italia menemukan bahwa makan ikan setidaknya sekali seminggu bisa mengurangi risiko jerawat sedang hingga parah sebesar 32 persen dibandingkan dengan orang yang menghindari makanan laut. Studi lain yang diterbitkan pada Januari 2016 di Acta Medica Marisiensis, juga menemukan bahwa orang yang makan ikan cenderung tidak berjerawat.

Lebih khusus lagi, lebih dari 40 persen penderita jerawat tidak makan ikan dan tiga perempat “jarang atau tidak pernah” makan buah atau sayuran, menunjukkan bahwa pola makan sehat yang mencakup makanan laut (dan banyak hasil bumi) adalah kuncinya.

Berikut ini 6 hal yang harus Anda ketahui saat mengobati jerawat:

1.Identifikasi Jerawat Anda untuk Menentukan Terapi yang Tepat

Apakah jerawat Anda merah dan sakit? Apakah ada bintil di tengahnya? Itu mungkin jerawat hormonal. Di sisi lain, apakah Anda memiliki komedo hitam dan komedo putih? Nah, itu jerawat komedonal, kata S. Tyler Hollmig, MD, Direktur bedah dermatologis dan direktur laser dan dermatologi kosmetik di The University of Texas di Austin.  “Keduanya diperlakukan berbeda,” katanya.

2.Obati Komedo dengan Asam Eksfoliasi

Asam glikolat dan retinoid mengelupas kulit dan menormalkan pergantian sel, dan produk yang mengandung bahan-bahan ini adalah pilihan Hollmig untuk jenis jerawat ini.

3.Atasi Hormonal Acne dengan Rx

Jika Anda seorang wanita berusia 20-an hingga 40-an tahun dan memiliki jerawat di garis rahang, kemungkinan jerawat Anda disebabkan oleh hormon. Dalam hal ini, resep obat untuk mengatasi hormon atau yang mengurangi produksi sebum (minyak) mungkin perlu dilakukan, kata Miller. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apakah hormon Anda mungkin mendorong jerawat Anda.

4.Kurangi Makanan Olahan untuk Mengurangi Peradangan

Ada banyak alasan untuk mengurangi asupan gula tambahan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, seperti yang dicatat Universitas Harvard. Tetapi mengonsumsi makanan yang kaya akan makanan nabati utuh juga bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

“Kami tahu bahwa diet tinggi gula memperburuk jerawat, dan dengan demikian hanya makan lebih sehat bermanfaat bagi banyak pasien jerawat,” kata Hollmig. Diet rendah glisemik yang penuh dengan sayuran, buah, kacang-kacangan, dan gandum khususnya dapat membantu mengatasi jerawat, catat American Academy of Dermatology (AAD).

Diet kulit yang baik lainnya: Mediterania, yang menggabungkan ikan tetapi juga sayuran, biji-bijian, buah, dan minyak zaitun. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada Februari 2020 di International Journal of Molecular Sciences merekomendasikan mengikuti diet Mediterania untuk keseimbangan ideal antara asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mendukung kesehatan kulit yang optimal.

(Peneliti mencatat bahwa dalam beberapa kasus, suplementasi omega-3 mungkin berguna, tetapi itu berdasarkan kasus per kasus yang ditentukan antara pasien dan dokter.)

5.Gunakan Lebih Sedikit Produk

Dengan membandelnya jerawat, masuk akal jika Anda ingin membuang semua topikal dan suplemen penangkal jerawat pada masalah ini untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi itu mungkin itu terlalu berlebihan. Bahkan ketika datang ke jerawat, “umumnya menyederhanakan dan menghemat uang untuk perawatan kulit adalah cara yang harus dilakukan,” kata Hollmig.

6.Lihatlah Kesehatan Seutuhnya

Makanan Anda dan produk topikal yang Anda pakai pada kulit hanyalah dua bagian dari teka-teki dalam hal jerawat. “Mungkin ada beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap masalah Anda.***dian

Comments

comments