Ini 10 Camilan Ramah Diabetes

Ilustrasi Yogurt dengan Berries--sumber foto thekitchenmagpie com

Acuantoday.com— Penderita diabetes umumnya sangat berhati-hati dalam memilih camilan. Meskipun camilan yang ditawarkan adalah camilan sehat, belum tentu mereka berani mengkonsumsinya. Yang menarik, banyak penderita diabetes tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk camilan apa saja yang bisa dikonsumsinya.

Mengutip healthline.com, ada beberapa hal yang menjadi  kunci dalam memilih camilan, yakni; tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi ini akan membantu mengendalikan kadar gula Anda. Penting bagi penderita diabetes untuk mengemil makanan padat nutrisi guna meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini camilan-camilan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Telur– sumber foto The Spruce / Diana Chistruga

1.Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan super sehat bagi penderita diabetes. Kandungan proteinnya benar-benar bagus. Satu telur rebus besar menyediakan 6 gram protein, yang bermanfaat untuk diabetes karena membuat gula darah Anda tidak naik terlalu tinggi setelah Anda makan. Dalam sebuah penelitian, 65 orang penderita diabetes tipe 2 makan dua telur setiap hari selama 12 minggu.

Pada akhir penelitian, mereka mengalami penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Mereka juga memiliki hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang merupakan ukuran kontrol gula darah jangka panjang.

Telur dikenal dapat meningkatkan rasa kenyang, aspek penting dalam mengelola diabetes tipe 2. Penyakit ini dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi kelebihan berat badan dan mengembangkan penyakit jantung.

Anda dapat menikmati satu atau dua telur rebus untuk camilan sendiri, atau hiasi dengan taburan sehat seperti guacamole.

Yogurt dengan Berries–sumber foto simplysissom.com

2.Yogurt dengan Berries

Yogurt dengan buah beri adalah camilan ramah diabetes yang sangat baik karena berbagai alasan. Pertama, antioksidan dalam buah beri dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel pankreas, organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan hormon yang menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, buah beri adalah sumber serat yang bagus. Misalnya, satu porsi blueberry 1 cangkir (148 gram) menyediakan 4 gram serat, yang membantu memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Yogurt juga dikenal karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Ini sebagian karena probiotik yang dikandungnya, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memetabolisme makanan yang mengandung gula.

Selain itu, yogurt kaya akan protein, yang terkenal membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Yoghurt Yunani sangat tinggi.

Yogurt dan beri terasa enak jika dipadukan sebagai camilan, karena rasa manis dari beri membantu menyeimbangkan rasa getir yogurt. Anda cukup mencampurkannya, atau melapisinya di atas satu sama lain untuk membuat parfait.

3.Segenggam Almond

Kacang almond sangat bergizi dan nyaman untuk dimakan. Satu porsi kacang almond 1 ons (28 gram) menyediakan lebih dari 15 vitamin dan mineral, termasuk 32% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mangan, 19% untuk magnesium dan 17% untuk riboflavin (14).

Penelitian telah menunjukkan almond dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian, 58 orang yang memasukkan almond ke dalam makanan mereka setiap hari selama 24 minggu mengalami penurunan 3% dalam kadar gula darah jangka panjang mereka.

Dalam penelitian lain, 20 orang dewasa penderita diabetes yang mengonsumsi 60 gram almond setiap hari selama empat minggu mengalami penurunan kadar gula darah 9%. Mereka juga mengalami penurunan kadar insulin, hormon yang dapat memperburuk diabetes jika kadarnya terus-menerus tinggi.

Kemampuan almond untuk membantu menstabilkan gula darah kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi serat, protein dan lemak sehat yang dikandungnya, yang kesemuanya diketahui memiliki peran penting dalam manajemen diabetes.

Terlebih lagi, almond telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan juga dapat meningkatkan manajemen berat badan, yang keduanya merupakan faktor utama dalam mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Karena kacang almond cukup tinggi kalori, sebaiknya batasi ukuran porsi Anda menjadi sekitar segenggam saat memakannya sebagai camilan.

Sayuran dan Hummus–sumber foto sargento.com

4.Sayuran dan Hummus

Hummus adalah olesan krim yang terbuat dari buncis. Rasanya enak jika dipasangkan dengan sayuran mentah. Sayuran dan hummus adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik.

Selain itu, hummus mengandung banyak protein, dengan 3 gram per sendok makan (15 gram). Semua sifat ini dapat bermanfaat bagi kontrol gula darah pada penderita diabetes.

Satu studi menemukan bahwa individu yang mengonsumsi setidaknya 1 ons hummus saat makan memiliki kadar gula darah dan insulin yang empat kali lebih rendah daripada kelompok yang mengonsumsi roti putih saat makan.

Anda bisa bereksperimen dengan mencelupkan beberapa jenis sayuran ke dalam hummus, seperti brokoli, kembang kol, wortel, dan paprika.

5.Alpukat

Jika Anda menderita diabetes, mengemil alpukat dapat membantu mengelola kadar gula darah Anda. Kandungan serat yang tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat menjadikannya makanan yang ramah diabetes. Faktor-faktor ini dapat mencegah gula darah Anda melonjak setelah makan.

Satu studi menemukan bahwa individu dengan diabetes tipe 2 yang memasukkan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan mereka secara teratur mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah mereka.

Anda bisa makan alpukat sendiri, atau membuatnya menjadi saus seperti guacamole. Karena alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi, yang terbaik adalah tetap dengan ukuran porsi seperempat sampai

Anda bisa makan alpukat sendiri, atau membuatnya menjadi saus seperti guacamole. Karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi, yang terbaik adalah tetap menggunakan ukuran porsi seperempat hingga setengah alpukat.

Apel selai kacang–sumber foto food.com

6.Irisan Apel dengan Selai Kacang

Irisan apel yang dipadukan dengan selai kacang menjadi camilan lezat dan sehat yang cocok untuk penderita diabetes.

Apel kaya akan beberapa nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin C, dan kalium, sedangkan selai kacang menyediakan sejumlah besar vitamin E, magnesium, dan mangan, yang semuanya diketahui membantu mengelola diabetes.

Baik apel dan selai kacang juga sangat tinggi seratnya. Satu apel ukuran sedang yang dikombinasikan dengan 1 ons (28 gram) selai kacang menyediakan hampir 7 gram serat, yang membantu menjaga gula darah Anda terkendali.

Apel telah dipelajari secara khusus untuk peran potensinya dalam manajemen diabetes. Antioksidan polifenol yang dikandungnya dianggap melindungi sel pankreas dari kerusakan yang sering memperburuk diabetes.

Anda juga dapat mencoba memasangkan jenis buah lain dengan selai kacang, seperti pisang atau pir, untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang serupa.

Steak– sumber gambar youtube The Stay At Home Chef

7.Stik Daging Sapi

Stik daging sapi nyaman, portabel, dan ramah diabetes. Apa yang membuat beef stick menjadi camilan yang sangat baik bagi penderita diabetes adalah protein tinggi dan kandungan karbohidratnya yang rendah.

Kebanyakan daging sapi menyediakan sekitar 6 gram protein per ons (28 gram), yang dapat membantu mengendalikan gula darah Anda.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih beef stick yang dibuat dengan daging sapi yang diberi makan rumput. Dibandingkan dengan daging sapi yang diberi makan biji-bijian, daging sapi yang diberi makan rumput lebih tinggi dalam asam lemak omega-3, yang dikenal karena peran potensial mereka dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

Penting untuk diperhatikan bahwa beef stick mengandung sodium yang tinggi, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada beberapa orang jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, jika Anda makan beef stick, pastikan mengonsumsinya secukupnya.

8.Buncis panggang

Buncis, juga dikenal sebagai kacang garbanzo, adalah kacang polong yang sangat sehat. Ada hampir 15 gram protein dan 13 gram serat dalam 1 cangkir (164 gram) buncis, menjadikannya camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buncis secara teratur dapat berperan dalam mencegah perkembangan diabetes, berkat potensinya untuk membantu mengelola kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, 19 orang dewasa yang mengonsumsi makanan berbahan dasar kacang arab setiap hari selama enam minggu memiliki kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah secara signifikan setelah makan, dibandingkan dengan orang yang makan makanan berbahan dasar gandum.

Salah satu cara untuk membuat buncis mudah dimakan adalah dengan memanggangnya, yang membuatnya renyah dan nyaman. Rasanya enak saat dipanggang dengan minyak zaitun dan bumbu pilihan Anda.

9.Turki Roll-Up

Gulungan kalkun adalah camilan yang mudah dibuat. Itu pada dasarnya adalah bungkus sandwich tanpa roti yang terdiri dari irisan dada kalkun yang dibungkus dengan isi rendah karbohidrat pilihan Anda, seperti keju dan sayuran.

Gulungan kalkun adalah pilihan camilan yang bagus untuk penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kandungan proteinnya yang tinggi. Satu bungkus menyediakan sekitar 5 gram protein, yang akan membantu mencegah kadar gula darah Anda naik terlalu tinggi.

Selain itu, protein dalam gulungan kalkun dapat membantu menurunkan nafsu makan, yang bermanfaat untuk mencegah makan berlebihan dan meningkatkan manajemen berat badan. Keduanya merupakan faktor kunci dalam mengendalikan diabetes tipe 2.

Untuk membuat kalkun gulung, cukup oleskan satu sendok makan (sekitar 10 gram) keju krim ke dalam irisan kalkun dan bungkus di sekitar irisan sayuran, seperti mentimun atau paprika.

10.Keju Cottage

Keju cottage adalah camilan yang enak untuk penderita diabetes. Setengah cangkir (sekitar 112 gram) porsi keju cottage dadih kecil menyediakan beberapa vitamin dan mineral, selain hampir 13 gram protein dan hanya 4 gram karbohidrat..

Menariknya, mengonsumsi keju cottage dapat membantu mengelola gula darah Anda.

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan 25 gram keju cottage dengan 50 gram gula memiliki kadar gula darah 38% lebih rendah setelahnya, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi gula saja. Efek penurun gula darah dari keju cottage sering dikaitkan dengan kandungan proteinnya yang tinggi.

Jika Anda memilih keju cottage biasa daripada jenis keju rendah lemak, Anda juga akan memanfaatkan sifat lemak penurun gula darah. Keju cottage tanpa rasa, Anda bisa memadukannya dengan buah untuk nutrisi dan serat tambahan.***dian

Comments

comments