Ini 10 Cara Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi--sumber foto zemsib.com

Acuantoday.com— Satu hal yang tak dapat kita ubah adalah proses penuaan alami. Seiring waktu, kita semua akan mengalami dan mengetahuinya lewat tanda-tanda di wajah misalnya garis-garis halus. Atau kita melihat kulit kita menjadi lebih tipis dan kering.

Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah ‘penuaan intrinsik’. Ini merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia, dipengaruhi oleh ras, jenis kelamin, gen, hormon, dan sebagainya.

Di luar itu, ada juga yang disebut penuaan dini. Ada beberapa hal yang menyebabkan orang menua sebelum waktunya. Di antaranya, terkait dengan lingkungan dan gaya hidup yang dapat menyebabkan kita menua sebelum waktunya. Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah “penuaan ekstrinsik”. Selain lingkungan, gaya hidup, penuaan dini juga disebabkan polusi utamanya paparan sinar ultraviolet (photoaging).

Nah terkait dengan penuaan dini, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk memperlambat penuaan dini pada kulit kita. Berikut tips dari American Academy of Dermatology Association tentang 11 langkah mengurangi penuaan kulit dini.

1.Lindungi kulit Anda dari sinar matahari setiap hari. Jika Anda kebetulan berada di pantai di mana sinar matahari begitu full, maka lindungilah kulit Anda, jangan biarkan terpapar sinar matahari apalagi dalam tempo yang lama. Sayangilah kulit Anda. Misalnya dengan berteduh, memakai kemaja lengan Panjang, celana, topi bertepi lebar, kacamata pelindung UV – dan menggunakan tabir surya yang berspektrum luas, SPF 30 (atau lebih tinggi), dan tahan air.

Anda sebaiknya mengoleskan tabir surya setiap hari ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian. Untuk perlindungan yang lebih efektif, cari pakaian dengan label faktor perlindungan ultraviolet (UPF).

2.Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok sangat mempercepat kulit menua. Ini menyebabkan keriput dan kulit kusam dan pucat.

3.Hindari ekspresi wajah yang berulang. Saat Anda membuat ekspresi wajah, Anda mengontraksikan otot di bawahnya. Jika Anda berulang kali mengencangkan otot yang sama selama bertahun-tahun, garis-garis ini menjadi permanen. Mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi garis akibat menyipitkan mata, misalnya.

4.Makan makanan yang sehat dan seimbang. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini. Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan lainnya, dapat mempercepat penuaan.

5.Kurangi minuman beralkohol. Alkohol bersifat kasar di kulit. Ini membuat kulit dehidrasi, dan pada waktunya, merusak kulit. Ini bisa membuat kita terlihat lebih tua.

6.Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda.

7.Bersihkan kulit Anda dengan lembut. Menggosok kulit dengan kasar dapat mengiritasi kulit Anda dan mempercepat penuaan kulit. Mencuci dengan lembut membantu menghilangkan polusi, riasan, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit Anda.

8.Cuci muka dua kali sehari dan setelah banyak berkeringat. Keringat, terutama saat memakai topi atau helm, mengiritasi kulit, jadi Anda harus segera membasuh kulit setelah berkeringat.

9.Oleskan pelembab wajah setiap hari. Pelembab memerangkap air di kulit kita, membuatnya tampak lebih muda.

10.Hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang menyengat atau terbakar. Ketika kulit Anda terbakar atau perih, itu berarti kulit Anda teriritasi. Mengiritasi kulit Anda bisa membuatnya terlihat lebih tua.

 

Beberapa produk anti penuaan yang diresepkan oleh dokter kulit bisa saja terasa terbakar atau menyengat. Ini tidak masalah. Pastikan untuk memberi tahu dokter kulit Anda.

Tidak ada kata terlambat, masalah ini dapat diperbaiki dengan mengubah gaya hidup. Misalnya, Anda mulai melindungi kulit dari sinar matahari, ini artinya Anda memberi kesempatan untuk memperbaiki sebagian kerusakan. Bagi yang merokok, segera berhenti sehingga kulit Anda bisa lebih sehat.

Jika tanda-tanda penuaan kulit mengganggu Anda, mungkin perlu menemui dokter kulit. Perawatan baru dan prosedur yang tidak terlalu invasif untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki corak membuat kulit tampak lebih muda bagi banyak orang.***dian

 

Comments

comments