Ini 12 Makanan yang Membuatmu Cepat Tua

ILustrasi makanan pedas-- sumber foto webmd.com

Acuantoday.com— Jika melihat daftar makanan dan minuman ini, Anda pasti terkejut. Karena 12 makanan yang dilansir webmd ini disebut sebagai makanan-minuman yang membuat Anda cepat tua.

Berikut daftar makanan-minuman yang membuat Anda cepat tua dan penjelasannya.

1.Makanan pedas

Banyak orang suka makanan pedas, namun banyak juga yang tidak. Asal tahu saja, makanan pedas membuat pembuluh darah Anda membengkak dan bahkan bisa pecah atau menyebabkan noda ungu di wajah Anda. Jika Anda menderita rosacea – umum pada wanita setelah menopause – panas dari rempah-rempah dapat memicu flare-up. Ini akan meningkatkan suhu tubuh Anda, dan berkeringat. Keringat bercampur dengan bakteri di kulit bisa menyebabkan munculnya jerawat dan bercak.

Ilustrasi margarin–sumber foto webmd.com

2.Margarin

Kulit Anda adalah organ terbesar di tubuh Anda, dan apapun yang Anda makan akan berpengaruh pada kulit. Kebanyakan margarin, terutama yang padat, memiliki lemak trans. Itu meningkatkan kolesterol ‘jahat’ dan akan menurunkan kolesterol  ‘baik’, dan itu akan membuat peradangan di seluruh tubuh. Peradangan terkait dengan penyakit jantung dan stroke, dua kondisi yang dapat membuat Anda tampak tua.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

3.Soda dan Minuman Energi

Semakin banyak soda dan minuman berenergi yang dikonsumsi, semakin cepat sel-sel dalam jaringan Anda menua. Selain desis, mereka memiliki lebih banyak kalori dan tambahan gula – 7 hingga 10 sendok teh dalam 12 ons – dibandingkan minuman lainnya. Dikombinasikan dengan bakteri di mulut Anda, gula tersebut juga membentuk asam yang merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan. Kontra lainnya termasuk penambahan berat badan dan risiko stroke dan demensia yang lebih tinggi.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

 4.Makan Malam Beku

Satu makan malam beku menyimpan setengah natrium dari makanan harian yang sehat. Ketika memiliki terlalu banyak garam, itu menyebabkan Anda minum lebih banyak dari biasanya dan membanjiri ginjal Anda. Air yang berlebih akan berpindah ke tempat-tempat di tubuh Anda yang memiliki lebih sedikit garam, seperti wajah dan tangan Anda. Itulah yang membuatmu terlihat bengkak.

 5.Alkohol

Tahukah Anda, alkohol membuat dehidrasi. Ini berdampak besar pada kulit Anda, yaitu 63% air. Bahkan jika Anda minum segelas besar air, itu akan melembabkan semua organ tubuh Anda sebelum kulit Anda. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup, kulit Anda terlihat dan terasa kering, dan mudah timbul kerutan.

Ilustrasi daging olahan–sumber foto webmd.com

6.Daging Olahan

Daging olahan, seperti bacon, sosis, ham, dan potongan deli, diasapi, diawetkan, atau diasinkan agar dapat bertahan lebih lama tanpa membusuk. Itulah yang membuat makanan itu menjadi enak, akan tetapi berbahaya. Pengawet natrium dan kimiawi menyebabkan peradangan yang dapat membuat tubuh Anda lelah luar dan dalam. Sedikit peradangan itu bagus: Membantu sel Anda sembuh. Tapi juga terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

7.Gorengan

Perbedaan antara adonan dan donat adalah terendam lama di dalam  minyak mendidih. Itu menyebabkan radikal bebas, atau molekul tidak stabil yang merusak molekul lain di sel Anda dan menambah tua kulit Anda. Radikal bebas juga bisa ditemukan pada makanan yang digoreng seperti kentang goreng, hush puppies (gorengan renyah dan gurih asal Amerika), dan mozzarella stick.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

8.Makanan yang Dipanggang

Hanya karena tidak digoreng, bukan berarti makanan itu bagus untuk Anda. Makanan yang dipanggang seperti kue mengandung banyak lemak yang menyumbat arteri dan menambah berat badan. Makanan itu tinggi gula yang dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan kerusakan gigi (antara lain).

Peradangan adalah alasan lain untuk melewatkan makanan enak itu. Semakin banyak peradangan yang Anda alami, semakin tinggi kemungkinan terkena radang sendi, depresi, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

9.Daging Gosong

Bagaimana ini untuk akronim? Menggoreng atau memanggang daging dengan suhu tinggi menciptakan produk akhir glikasi lanjutan, atau AGE. Tingkat AGE yang rendah baik-baik saja (tubuh Anda sendiri yang memproduksinya), tetapi jumlah yang tinggi dari daging hangus menyebabkan peradangan yang dapat memicu penyakit jantung dan diabetes.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

10.Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Gula meja, sirup jagung fruktosa tinggi, soda manis, dan minuman buah. Ini bisa mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk membentuk kolagen dan elastin yang menjaga kesehatan kulit Anda. Itu juga penuh kalori dan membuat Anda berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

Ilustrasi minuman mengandung caffein–sumber foto webmd.com

11.Kafein

Kafein bersifat diuretik: Ini merangsang otak dan kebutuhan Anda untuk buang air kecil. Ini bisa menyebabkan dehidrasi. Jika Anda tidak memiliki cukup air, kulit Anda akan berhenti mengeluarkan racun. Membuat Anda lebih rentan terhadap kulit kering, psoriasis, dan kerutan.

12.Agave

Meskipun ini lebih baik untuk tubuh Anda daripada pemanis buatan, agave mengandung 90% fruktosa, sejenis gula yang hanya dapat dipecah di hati Anda. Saat hati Anda bekerja terlalu keras, fruktosa berubah menjadi lemak dan membuat lebih banyak radikal bebas, senyawa yang merusak sel Anda.***dian

 

Comments

comments