Ini 13 Gejala Multiple Sclerosis yang harus Anda Tahu

Ilustrasi-- sumber webMD.com

Acuantoday.com— Multiple Sclerosis atau penyakit sclerosis ganda, mungkin kita jarang mendengarnya. Namun penyakit yang berhubungan dengan gangguan saraf pada otak ini sungguh berbahaya dan harus segera ditangani begitu kita merasakan gejala awalnya.

Multiple sclerosis akan menimbulkan gangguan pada penglihatan dan gerakan tubuh. Saat terjadi multiple sclerosis atau lebih mudah menyebutnya dengan ‘MS’, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan lemak yang melindungi serabut saraf (mielin). Hal ini menyebabkan gangguan komunikasi antara otak dan seluruh tubuh. Jika tidak segera ditangani, sklerosis ganda dapat menyebabkan penurunan atau kerusakan saraf permanen.

Dikutip dari WebMD, kelelahan yang ekstrem, kecanggungan, sensasi tertusuk yang aneh, lamban berpikir, penglihatan kabur, dll – ini adalah gejala awal sklerosis atau MS yang klasik dan umum. Kerusakan pada sistem saraf pusat, alias otak dan sumsum tulang belakang, adalah penyebab gejala ini.

1.Terjebak dalam ‘Pelukan Beruang’

Ini bukan pelukan yang hangat dan nyaman. Disebut, gejala MS ini terasa seperti ada sesuatu yang menekan dada Anda dengan kuat dan tidak mau dilepaskan. Ini bisa menyerang di mana saja di antara pinggang dan leher Anda, atau hanya di satu sisi. Anda mungkin mengalami nyeri atau sesak napas. Itu terjadi ketika kerusakan akibat penyakit ini menghalangi atau mengacaukan pesan dari saraf Anda. Kejang pada otot di antara tulang rusuk Anda memicu rasa sesak. Namun itu kerap kali hilang dengan sendirinya.

2.Tertawa atau Tersedu di Luar Kendali

Pengaruh pseudobulbar, juga disebut PBA atau inkontinensia emosional, memicu semburan air mata atau tawa secara acak yang tidak ada hubungannya dengan perasaan Anda. Kerusakan saraf di bagian otak yang mengontrol emosi dapat menyebabkan respons Anda campur aduk. Anda mungkin khawatir hal itu terjadi saat Anda berada di depan umum, atau dalam suasana serius. FDA telah menyetujui obat untuk mengobati PBA. Antidepresan juga bisa membantu.

3.Rasa Gatal yang Tidak Bisa Anda Garuk

Bukan gatal. Rasa geli yang tiba-tiba muncul tiba-tiba, di mana pun di tubuh Anda. Tapi tidak ada iritasi kulit atau alergi untuk menggaruk atau mengoleskan krim ruam. Jenis gatal ini tidak berasal dari kulit Anda. Gatal disestetik adalah sensasi terkait saraf yang lewat dengan cepat. Dapat diobati dengan obat untuk epilepsi. Carbamazepine (Carbatrol, Epitol, Equetro, Tegretol, Tegretol-XR), gabapentin (Horizant, Neurontin), dan fenitoin (Dilantin, Phenytek) adalah beberapa di antaranya.

4.Mati Rasa Separuh Wajah

Kerusakan saraf dapat memicu neuralgia trigeminal, rasa terbakar, menusuk, atau nyeri seperti syok di pipi atau rahang. Ini mungkin hilang dengan cepat atau hanya bertahan selama beberapa menit. Meski jarang, ini bisa menjadi gejala pertama MS. Anda mungkin merasakannya muncul sebagai kesemutan, mati rasa, atau sakit di satu sisi wajah Anda, seperti sakit gigi. Obat antikonvulsan seperti carbamazepine, lamotrigine (Lamictal), atau oxcarbazepine (Oxteller XR, Trileptal) dapat membantu.

5.Kaki Terasa Panas

Dysesthesia adalah sensasi “berubah” yang tidak menyenangkan seperti terbakar, tertusuk jarum, mati rasa, dan merayap di bagian tubuh mana pun. Misalnya, kaki Anda mungkin tiba-tiba terasa melepuh, tanpa sumber panas – atau kerusakan – sama sekali. Otak Anda mendapat sinyal saraf yang terdistorsi, sehingga kesulitan untuk berhubungan dengan sesuatu yang diingat atau dibayangkannya. Anda bisa mengatasi perasaan aneh dengan obat nyeri saraf.

6.Sulit untuk Menelan

Menelan tidak sesederhana kelihatannya. Saraf dan otot di mulut dan tenggorokan Anda harus bekerja dengan otak Anda. Dengan MS, otot yang Anda butuhkan bisa melemah. Sinyal saraf yang bercampur dan distorsi sensorik dapat membuat Anda sulit mengunyah atau mengontrol makanan atau cairan di mulut. Atau Anda mungkin merasa ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan Anda padahal sebenarnya tidak ada. Ini biasanya terjadi pada tahap MS selanjutnya, tetapi bisa muncul lebih awal juga.

7.Syok Kesemutan di Tulang Belakang

Tanda Lhermitte sebenarnya adalah gejala. Ini adalah seperti sengatan ’listrik’ tiba-tiba yang melesat ke punggung dan kaki Anda. Ini biasanya terjadi saat Anda melenturkan leher ke depan, seperti saat Anda memotong rambut. (Nama lain untuk itu adalah tanda kursi tukang cukur.) Lesi di tulang belakang leher – daerah leher Anda – menyebabkannya. Lhermitte’s hilang begitu saja, jadi biasanya tidak memerlukan perawatan.

8.Penglihatan kabur

Kerusakan saraf optik (neuritis optik), yang menghubungkan mata ke otak, dapat memicu sesuatu yang disebut fenomena Uhthoff. Ini berarti penglihatan Anda sebentar menjadi buram saat suhu tubuh Anda naik. (Gejala MS Anda yang lain mungkin bertambah buruk juga.) Olahraga, mandi air panas, cuaca hangat – bahkan pengering rambut – semuanya dapat membuat sinyal mata-ke-otak lebih cepat dari biasanya. Mandi air dingin, gunakan kantong gel, dan minum banyak air dingin sebelum berolahraga atau keluar ruangan dalam cuaca panas dapat membantu.

9.Ilusi optik

Trik optik lain yang dapat dimainkan MS adalah fenomena Pulfrich. Neuritis optik juga memicu hal ini. Ini adalah ilusi 3-D yang disebabkan oleh konflik dalam penglihatan Anda. Misalkan sebuah benda menuju ke arah Anda dalam garis lurus. Sebaliknya, Anda mungkin melihat jalurnya sebagai orbit elips. Mobil yang melaju mungkin tampak berbelok ke arah Anda, atau Anda akan melewatkan bola saat mencoba menangkapnya. Filter khusus di depan satu mata dapat membantu menyeimbangkan penglihatan Anda.

10.Kejang mendadak

Kejang mendadak dan singkat yang disebut paroxysms terjadi ketika aliran ‘listrik’ menyala di area otak yang rusak. Itu mungkin melonjak melalui lengan atau kaki Anda, atau otot yang Anda gunakan untuk makan dan berbicara. Meskipun bisa berulang beberapa kali sehari, tapi biasanya berakhir dalam beberapa bulan. Meski menakutkan, namun itu tidak sama dengan kejang. Anda dapat mengobatinya dengan obat antiepilepsi, seperti karbamazepin, lamotrigin, atau oxcarbazepine.

11.Migrain

Migrain adalah sakit kepala mendadak yang dapat berlangsung dari beberapa jam hingga seharian. Itu terkadang bisa menjadi gejala MS pertama. Orang dengan MS dua kali lebih mungkin mengalaminya. Mereka dapat menyebabkan mual atau membuat Anda peka terhadap suara dan cahaya. Ini dapat menghalangi Anda dari aktivitas rutin Anda. Orang dengan MS tampaknya memiliki riwayat keluarga migrain, jadi peneliti mencari tautannya.

12.Masalah Pendengaran

Jarang, masalah pendengaran bisa menjadi gejala pertama MS. Ini mungkin memiliki tautan ke pembengkakan dan jaringan parut di dekat saraf pendengaran Anda, yang membawa info ke otak Anda. Penumpukan plak pada saraf di sepanjang jalur ini juga dapat menyebabkannya. Episode ini biasanya membaik, dan tuli permanen jarang terjadi.

13.Vertigo

Jika Anda menderita vertigo, Anda mungkin merasa seperti area di sekitar Anda berputar. Ini bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan lebih dari sekadar pusing. Anda mungkin juga merasa pusing atau mual karena merasakan gerakan. Itu terjadi pada sekitar 1 dari 5 orang dengan MS. Ini bisa berasal dari kerusakan pada jalur yang sama yang mengontrol pendengaran dan penglihatan Anda. Perawatan dapat mencakup fisioterapi, yang mempelajari bagaimana gerakan Anda mempengaruhinya.***dian

Comments

comments