Ini 8 Pengganti Kecap Ikan yang Rasanya Enak

Ilustrasi Kecap kedelai-- sumber foto boldsky.com

Acuantoday.com— Kecap ikan adalah bahan masakan populer yang terbuat dari ikan teri asin atau ikan lain yang telah difermentasi hingga 2 tahun. Paling umum digunakan dalam masakan Asia Tenggara, kecap ikan memberikan rasa yang kaya, gurih, dan aneka rasa umami ke banyak hidangan, termasuk pad thai, pho, salad pepaya hijau, dan tumis.

Umami – salah satu dari cita rasa utama seperti manis, pahit, asam dan asin— merupakan terjemahan dari bahasa Jepang yang artinya rasa yang enak dan gurih. Rasanya berasal dari tiga zat unami yang biasa ditemukan dalam protein nabati dan hewani, dan kekayaan rasa kecap ikan.

Namun terkadang Anda tidak memiliki kecap ikan. Jangan bingung berikut ini 8 pengganti kecap ikan yang rasanya enak, dikutip dari healthline.

Ilustrasi Kecap Kedelai—sumber foto theguardian

1.Kecap Kedelai

Kecap, yang terbuat dari kedelai yang difermentasi, air, garam, dan gandum, merupakan alternatif yang sangat baik. Ini juga cocok untuk vegan. Karena asam amino dalam kedelai, kecap memiliki rasa umami yang kaya dengan sedikit rasa manis.

Anda dapat menukar kecap ikan dengan kecap kedelai dengan perbandingan 1 banding 1, atau coba campur bahan lain dengan kecap untuk tambahan rasa:

Ikan teri cincang. Campur 1 sendok makan (15 mL) kecap dan 1 fillet ikan teri cincang.

Cuka beras. Gunakan perbandingan kecap dan cuka beras 1 banding 1 untuk kesegaran ekstra.

Jus jeruk nipis. Tambahkan 1/2 sendok teh air jeruk nipis ke setiap 1 sendok makan (15 ml) kecap.

Ilustrasi Tamari—sumber foto boldsky.com

2.Tamari

Tamari adalah sejenis kecap. Ini diproses secara berbeda dari kecap tradisional menggunakan bahan yang berbeda. Ini termasuk air, garam, dan pasta miso yang mengandung kedelai. Ini mungkin juga termasuk jenis air garam yang disebut moromi, serta jenis jamur yang disebut koji.

Tidak seperti kecap kedelai, ini mengandung sedikit atau tanpa gandum, menjadikannya pilihan yang cocok bagi mereka yang menghindari gluten – pastikan untuk membaca label bahan terlebih dahulu.

Tamari memiliki rasa umami yang lebih kaya, lebih kuat, dan kurang asin dibandingkan kecap kedelai karena kandungan protein kedelai yang lebih tinggi.

Anda dapat mengganti kecap ikan dengan tamari dengan perbandingan 1 banding 1 atau mulai dengan sedikit lebih sedikit, tambahkan lebih banyak sesuai selera.

Ilustrasi Saos Tiram—sumber foto boldsky.com

3.Saus tiram

Saus tiram dapat dengan mudah menggantikan kecap ikan di sebagian besar resep tumis, karena memiliki rasa gurih yang serupa.

Namun, saus tiram sedikit lebih kental dan tidak akan menjadi pengganti yang baik untuk hidangan yang membutuhkan kecap ikan yang encer. Salah satu pilihannya adalah menambahkan sedikit air ke dalam saus tiram agar lebih encer.

Gantilah kecap ikan dengan saus tiram dengan perbandingan 1 banding 1 dalam tumisan, nasi goreng, dan bumbu perendam, tetapi bersiaplah untuk menghasilkan rasa yang lebih manis.

Beberapa merek mengandung gula sebanyak 4 gram di setiap sendok makan (15 mL), sedangkan kecap ikan tidak mengandung gula. Merek saus tiram yang lebih murah mungkin juga mengandung warna karamel, bahan yang berpotensi menimbulkan karsinogenisitas.

Ilustrasi Kecap Ikan Vegan— sumber gambar boldsky.com

4.Kecap ikan vegan

Jika Anda mengikuti pola makan vegan atau memiliki alergi ikan, ada banyak saus ikan vegan yang tersedia. Biasanya dibuat dari jamur shiitake, cairan amino, dan kecap.

Amino cair adalah asam amino bebas yang diekstrak dari nira kelapa yang difermentasi atau kedelai yang dihidrolisis yang dicampur dengan air dan garam. Jamur juga mengandung asam amino yang bertanggung jawab atas rasa umami.

Alternatif vegan dapat ditukar dengan kecap ikan dengan rasio 1 banding 1 dan dapat ditemukan secara online dan di sebagian besar toko bahan makanan yang lengkap.

Ilustrasi Seaweed atau Rumput Laut—sumber foto boldsky.com

5.Rumput laut

Rumput laut adalah istilah umum untuk tumbuhan dan alga yang tumbuh di air. Rumput laut bergizi dan tinggi asam amino glutamat, yang kaya akan rasa umami. Karena itu, biasanya ditambahkan ke dalam kaldu dan sup di banyak hidangan Jepang dan Korea.

Jenis rumput laut glutamat tinggi antara lain nori dan jenis kombu, seperti rausu, ma, rishiri, hidaka, dan naga. Jika Anda ingin mengurangi rasa umami, pilih wakame rumput laut daripada kombu, yang memiliki kandungan glutamat lebih rendah.

Rumput laut segar dan kering merupakan alternatif yang baik untuk kecap ikan. Rumput laut segar paling cocok digunakan untuk salad, kaldu, dan saus, sedangkan rumput laut kering dapat ditambahkan ke sebagian besar hidangan. Ikuti instruksi pada paket untuk pengukuran.

Ilustrasi Amino Kelapa– sumber foto boldsky.com

6.Amino kelapa

Amino kelapa, yang berasal dari nira kelapa yang difermentasi, mudah ditambahkan ke sebagian besar hidangan. Mereka kaya akan rasa umami, memiliki warna gelap, dan sedikit lebih manis dari pada kecap dan kecap ikan.

Mereka juga lebih rendah natrium. Kecap ikan mengandung berbagai macam natrium pada 320-600 mg per sendok teh (5 mL), sedangkan jumlah yang sama dari coconut aminos mengandung sekitar 90–130 mg.

Plus, selain vegan, amino kelapa juga bebas kedelai, gandum, dan gluten. Tukarkan dengan kecap ikan dengan rasio 1 banding 1 di sebagian besar resep.

Ilustrasi kecap inggris—sumber foto boldsky.com

7.Kecap Inggris

Saus Worcestershire atau populer disebut kecap Inggris memiliki rasa gurih yang kuat. Terbuat dari ikan teri, tetes tebu, asam jawa, cuka, cengkeh, bawang merah, dan bumbu lainnya, ini adalah alternatif yang enak untuk kecap ikan.

Karena kedua saus tersebut dibuat dengan menggunakan ikan teri dan difermentasi hingga 18 bulan, rasa umami keduanya mirip. Konon, kecap Inggris jauh lebih rendah natrium pada 65 mg per sendok teh (5mL), sedikit lebih kental, dan mungkin memiliki profil rasa yang berbeda.

Ganti kecap ikan dengan kecap Inggris dengan rasio 1 banding 1.

8.Kaldu jamur dan kecap kedelai

Jika Anda ingin mengganti kecap ikan dalam sup atau kaldu, pertimbangkan untuk membuat kaldu jamur gurih dan kecap kedelai.

Tambahkan bahan-bahan berikut ke dalam panci berukuran sedang:

3–4 gelas (710–940 mL) air

1 / 4–1 / 2 ons (7–14 gram) jamur shiitake kering yang diiris

3 sendok makan (45 mL) kecap biasa atau kecap rendah sodium

Rebus selama 15 menit atau sampai kaldu berkurang setengahnya, diamkan selama 10 menit lagi, lalu saring kaldu ke dalam bentuk busur.

Gunakan sebagai pengganti saus ikan 2 banding 1. Simpan kaldu yang tersisa dalam wadah tertutup di lemari es hingga 1 minggu atau di freezer selama beberapa bulan. ***dian

Comments

comments