Ini 9 Manfaat Kesehatan Vitamin B12 Berdasarkan Sains

Bahan-bahan makanan yang mengandung Vitamin B12--sumber foto brainmd.com

Acuantoday.com— Vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin, adalah vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda tetapi tidak dapat diproduksi sendiri. Untuk mendapatkannya bisa dari produk hewani juga makanan-makanan tertentu atau dari suplemen.

Sebagai vitamin yang penting dan sangat diperlukan tubuh tentunya banyak hal penting yang diperoleh dari Vitamin B12, di antaranya adalah mendukung sel saraf Anda agar berfungsi normal juga untuk pembentukan sel darah merah dan sintesis DNA. Manfaat lainnya adalah meningkatkan energi serta daya ingat juga membantu mencegah penyakit jantung.

Untuk kebanyakan orang dewasa, asupan harian yang direkomendasikan (RDI) adalah 2,4 mcg, namun untuk wanita hamil atau sedang menyusui, kebutuhannya lebih dari itu.

Mengutip healthline.com, ini sembilan manfaat Vitamin B12 bagi kesehatan.

1.Membantu Pembentukan Sel Darah Merah dan Pencegahan Anemia

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah. Kadar vitamin B12 yang rendah menyebabkan penurunan pembentukan sel darah merah dan mencegahnya berkembang dengan baik.

Sel darah merah yang sehat berukuran kecil dan bulat, tapi bisa berkembang menjadi lebih besar dan biasanya berbentuk oval pada kasus kekurangan Vitamin B12.

Karena bentuknya yang lebih besar dan tidak teratur ini, sel darah merah tidak dapat bergerak dari sumsum tulang ke aliran darah dengan kecepatan yang sesuai, menyebabkan anemia megaloblastic.

Saat Anda mengalami anemia, tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ vital Anda. Ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan kelemahan.

2.Penting bagi wanita hamil dan menyusui

Osteoporosis–sumber foto welcomecure.com

3.Dapat Mendukung Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Mempertahankan kadar Vitamin B12 yang memadai dapat mendukung kesehatan tulang Anda. Satu studi pada lebih dari 2.500 orang dewasa menunjukkan bahwa orang dengan kekurangan Vitamin B12 juga memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dari biasanya.

Tulang dengan kepadatan mineral yang menurun dapat menjadi rapuh dan rapuh seiring waktu, yang menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis.

Penelitian lain juga menunjukkan hubungan antara kadar Vitamin B12 yang rendah dan kesehatan tulang yang buruk serta osteoporosis, terutama pada wanita.`

Intinya, Vitamin B12 memainkan peran penting dalam kesehatan tulang Anda. Kadar vitamin yang rendah dalam darah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis.

4.Dapat Mengurangi Risiko Degenerasi Makula Anda

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang terutama mempengaruhi penglihatan sentral Anda. Mempertahankan tingkat Vitamin B12 yang memadai dapat membantu mencegah risiko degenerasi makula terkait usia.

Para peneliti percaya bahwa melengkapi dengan Vitamin B12 dapat menurunkan homosistein, sejenis asam amino yang ditemukan dalam aliran darah Anda. Kadar homosistein yang meningkat telah dikaitkan dengan peningkatan risiko degenerasi makula terkait usia.

Sebuah penelitian yang melibatkan 5.000 wanita berusia 40 tahun atau lebih menyimpulkan bahwa melengkapi dengan Vitamin B12, bersama dengan asam folat dan vitamin B6, dapat mengurangi risiko ini.

Kelompok yang menerima suplemen ini selama tujuh tahun memiliki lebih sedikit kasus degenerasi makula, dibandingkan dengan kelompok plasebo. Risiko mengembangkan segala bentuk kondisi adalah 34% lebih rendah, sedangkan 41% lebih rendah untuk jenis yang lebih parah.

Pada akhirnya, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya peran Vitamin B12 dalam meningkatkan kesehatan penglihatan dan mencegah degenerasi makula.

Intinya, mempertahankan tingkat Vitamin B12 yang memadai menurunkan kadar homosistein dalam darah Anda. Ini dapat membantu mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Ilustrasi– sumber foto noahsarkspa.com

5.Dapat Memperbaiki Mood dan Gejala Depresi

Vitamin B12 dapat meningkatkan mood Anda. Meskipun demikian, pengaruh Vitamin B12 pada suasana hati belum sepenuhnya dipahami. Namun, vitamin ini memainkan peran penting dalam mensintesis dan memetabolisme serotonin, zat kimia yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati.

Oleh karena itu, kekurangan Vitamin B12 dapat menyebabkan penurunan produksi serotonin, yang dapat menyebabkan suasana hati yang tertekan.
Studi mendukung penggunaan suplemen Vitamin B12 untuk memperbaiki gejala depresi pada orang yang kekurangan vitamin ini.

Satu studi pada orang dengan depresi dan kadar Vitamin B12 rendah menemukan bahwa mereka yang menerima antidepresan dan Vitamin B12 lebih cenderung menunjukkan gejala depresi yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang diobati dengan antidepresan saja.

Studi lain menemukan bahwa kekurangan Vitamin B12 dikaitkan dengan risiko dua kali lipat dari depresi berat. Selain itu, tingkat Vitamin B12 yang tinggi telah dikaitkan dengan hasil pengobatan yang lebih baik dan peningkatan kemungkinan pemulihan dari gangguan depresi mayor (MDD).

Meskipun suplemen Vitamin B12 dapat membantu memperbaiki suasana hati dan depresi pada orang yang kekurangan vitamin, penelitian saat ini tidak menunjukkan bahwa suplemen tersebut memiliki efek yang sama pada orang dengan kadar B12 normal.

6.Semoga Menguntungkan Otak Anda dengan Mencegah Hilangnya Neuron

Kekurangan Vitamin B12 telah dikaitkan dengan kehilangan ingatan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Vitamin ini mungkin berperan dalam mencegah atrofi otak, yaitu hilangnya neuron di otak dan sering dikaitkan dengan kehilangan memori atau demensia.

Satu studi pada orang dengan demensia tahap awal menunjukkan bahwa kombinasi Vitamin B12 dan suplemen asam lemak omega-3 memperlambat penurunan mental.

Studi lain menemukan bahwa bahkan tingkat Vitamin B12 rendah-normal dapat berkontribusi pada kinerja memori yang buruk. Karenanya, mengkonsumsi vitamin ini dapat meningkatkan daya ingat. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuat kesimpulan yang bagus tentang efek suplemen vitamin B12 pada memori dan fungsi kognitif.

7.Dapat Memberi Anda Peningkatan Energi

Suplemen Vitamin B12 telah lama disebut-sebut sebagai produk andalan untuk lonjakan energi. Semua Vitamin B memainkan peran penting dalam produksi energi tubuh Anda, meskipun vitamin B tidak selalu menyediakan energi itu sendiri.
Memang, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin B12 dapat meningkatkan energi pada mereka yang memiliki tingkat vitamin yang cukup. Di sisi lain, jika Anda kekurangan Vitamin B12 secara signifikan, mengonsumsi suplemen atau meningkatkan asupan kemungkinan akan meningkatkan tingkat energi Anda.

Faktanya, salah satu tanda awal kekurangan Vitamin B12 yang paling umum adalah kelelahan atau kekurangan energi.

8.Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Mengurangi Homosistein

Kadar asam amino homosistein yang tinggi dalam darah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Jika Anda kekurangan Vitamin B12 secara signifikan, kadar homosistein Anda menjadi meningkat.

Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B12 membantu menurunkan kadar homosistein, yang dapat mengurangi risiko penyakit. Namun, saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mengonfirmasi bahwa suplemen Vitamin B12 efektif dalam hal ini.

Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan antara vitamin B12 dan kesehatan jantung

9.Mendukung Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

Mengingat peran Vitamin B12 dalam produksi sel, tingkat yang memadai dari vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Faktanya, kadar Vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala dermatologis, termasuk hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, perubahan rambut, vitiligo (hilangnya warna kulit di tambalan) dan stomatitis sudut (sudut mulut yang meradang dan retak). Mengkonsumsi Vitamin B12 telah terbukti memperbaiki gejala dermatologis pada orang dengan defisiensi B12.

Namun, jika Anda cukup gizi dan tidak kekurangan vitamin ini, mengonsumsi suplemen tidak mungkin memperbaiki kulit, kekuatan kuku, atau kesehatan rambut Anda.***dian

 

Comments

comments