Ini Bahayanya jika Terlalu Banyak Minum

Ilustrasi banyak minum air--- thehealthjournals.com

Acuantoday.com— Air penting untuk sebagian besar proses yang dilalui tubuh Anda dalam sehari. Saat Anda minum air, Anda mengisi kembali simpanan Anda. Tanpa air yang cukup, tubuh dan organnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Di sisi lain, minum air terlalu banyak akan membahayakan kesehatan Anda.

Manfaat air minum antara lain, papar healthline, menjaga suhu tubuh Anda dalam kisaran normal, melumasi dan melindungi sendi, melindungi tulang belakang dan jaringan lainnya, membantu Anda menghilangkan kotoran melalui urin, keringat, dan buang air besar.

Minum cukup air juga dapat membantu Anda tampil prima. Misalnya, air membuat kulit Anda terlihat sehat. Kulit adalah organ terbesar tubuh Anda. Saat Anda minum banyak air, Anda menjaganya tetap sehat dan terhidrasi.

Dan karena air tidak mengandung kalori, air juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mengatur berat badan Anda.

Resiko minum terlalu sedikit atau terlalu banyak air adalah dehidrasi. Tubuh Anda terus-menerus menggunakan dan kehilangan cairan melalui tindakan seperti berkeringat dan buang air kecil. Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kehilangan lebih banyak air atau cairan daripada yang dibutuhkannya.

Gejala dehidrasi dapat berkisar dari rasa sangat haus hingga rasa lelah. Anda mungkin juga menyadari bahwa Anda tidak sering buang air kecil atau urin Anda berwarna gelap. Pada anak-anak, dehidrasi dapat menyebabkan mulut dan lidah kering, kurang air mata saat menangis, dan lebih sedikit popok basah dari biasanya.

Dehidrasi dapat menyebabkan kebingungan atau pemikiran yang tidak jelas, perubahan mood, terlalu panas, sembelit, pembentukan batu ginjal, syok. Dehidrasi ringan dapat diatasi dengan minum lebih banyak air dan cairan lain.

Jika Anda mengalami dehidrasi parah, Anda mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit. Dokter Anda kemungkinan akan memberi Anda cairan dan garam intravena (IV) sampai gejala Anda hilang.

Bahaya Banyak Minum Air

Di sisi lain, terlalu banyak minum juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Ini disebut hiponatremia. Jika Anda minum terlalu banyak, air ekstra dapat mengencerkan elektrolit dalam darah. Tingkat natrium Anda menurun dan dapat menyebabkan apa yang disebut hiponatremia.

Gejalanya meliputi; kebingungan, sakit kepala, kelelahan, mual atau muntah, lekas marah, kejang otot, kram atau kelemahan, kejang, koma.

Hiponatremia intoksikasi air jarang terjadi. Orang dengan tubuh lebih kecil dan anak-anak berisiko lebih tinggi terkena kondisi ini. Begitu pula orang-orang yang aktif, seperti pelari maraton, yang minum banyak air dalam waktu singkat.

Jika Anda berisiko karena minum banyak air untuk olahraga, pertimbangkan untuk minum minuman olahraga yang mengandung natrium dan elektrolit lain untuk membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat.

Tetap terhidrasi lebih dari sekadar air yang Anda minum. Makanan memenuhi sekitar 20 persen dari total kebutuhan cairan Anda setiap hari. Bersamaan dengan minum 9 sampai 13 gelas air setiap hari, cobalah makan banyak buah dan sayuran.

Beberapa makanan dengan kandungan air yang tinggi antara lain; semangka, bayam, mentimun, paprika hijau, beri, kol bunga,  lobak, seledri.

Tips Minum Air yang Cukup

Anda mungkin dapat memenuhi target asupan air dengan minum saat Anda haus dan saat makan. Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan untuk mengonsumsi cukup air, lihat tip berikut untuk minum lebih banyak:

Membawa botol air ke mana pun Anda pergi, termasuk di sekitar kantor, di gym, dan bahkan dalam perjalanan darat.

Fokus pada cairan. Anda tidak perlu minum air putih untuk memenuhi kebutuhan hidrasi Anda. Sumber cairan yang baik lainnya termasuk susu, teh, dan kaldu.

Hindari minuman manis. Meskipun Anda bisa mendapatkan cairan dari soda, jus, dan alkohol, minuman ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Tetap cerdas untuk memilih air jika memungkinkan.

Minum air putih saat makan. Minumlah segelas air daripada memesan minuman lain. Anda juga dapat menghemat uang dan menurunkan kalori total makanan Anda. Tambahkan sedikit rasa ke air Anda dengan memeras lemon segar atau jus jeruk nipis.

Minuman olahraga. Jika Anda berolahraga keras, pertimbangkan untuk minum minuman olahraga yang mengandung elektrolit untuk membantu menggantikan minuman yang hilang karena berkeringat. ***dian

 

Comments

comments