Ini Makan Sehat untuk Gaya Hidup Aktif

Ilustrasi--sumber foto: trevor raab/runnersworld.com

Acuantoday.com— Meskipun berolahraga adalah komponen penting dalam kesehatan secara keseluruhan, namun Anda perlu menggabungkannya dengan nutrisi yang seimbang. Biasanya, mereka yang aktif akan membekali diri dengan makan yang cukup untuk mendukung aktivitas mereka.

Jangan berpikir bahwa jika Anda berolahraga maka akan aman mengkonsumsi makan dengan porsi besar atau sering makan makanan berkalori tinggi. Sangat mudah untuk mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dalam olahraga biasa.

Menciptakan Pola Makan yang Baik

Setiap hari, Anda makan tiga kali dengan komposisi 50-60 persennya karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi tubuh Anda. Seperti halnya sumber kalori lainnya, makan karbohidrat berlebihan dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan karbohidrat ekstra sebagai lemak.

Porsi yang sehat dan seimbang harus terdiri dari:

 ½ Buah dan / atau sayuran

¼ Karbohidrat (yaitu pati seperti nasi atau pasta)

¼ Protein

 “Jika Anda kesulitan mengisi setengah piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran, cobalah menyajikan lebih banyak variasi,” kata ahli diet terdaftar Intermountain Healthcare (hyperlink situs Intermountain), Joy Mussleman.

“Misalnya, mengisi setengah piring makan Anda dengan brokoli kukus mungkin tidak terlalu menarik, tetapi jika Anda akan menyajikan brokoli kukus, melon, dan wortel mentah, akan jauh lebih mudah dan lebih menyenangkan. ”

Menjaga rasio ini setiap kali makan adalah metode mudah untuk membantu Anda mengonsumsi proporsi energi yang tepat dari karbohidrat, protein, dan lemak. Jika Anda cenderung lapar di antara waktu makan, camilan Anda harus mengikuti pola yang sama. Untuk camilan, Anda sebaiknya mengonsumsi buah atau sayur dan salah satu sumber protein atau sumber karbohidrat.

Ini beberapa contoh porsi camilan yang baik:

Campuran buah dan kacang

Irisan apel dan selai kacang

Setengah sandwich selai kacang dengan batang seledri

Semangkuk kecil granola rendah lemak dengan kismis atau pisang

Jaga Diri Anda Terhidrasi!

Salah satu hal terpenting yang harus diingat dalam diet harian Anda adalah minum air secara konsisten sepanjang hari, tidak hanya sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Meskipun banyak orang merasa perlu beralih ke minuman olahraga untuk hidrasi mereka, air adalah hidrator terbaik dan paling alami. Kecuali Anda melakukan aktivitas fisik selama lebih dari dua jam pada satu waktu, minuman olahraga tidak diperlukan.***dian

Comments

comments