Ini Makanan dan Minuman Mengandung Kafein yang Wajib Anda Tahu

Ilustrasi yogurt --sumber foto yogurtinnutrition.com

Acuantoday.com— Kafein bukan hanya ada di kopi tapi juga sejumlah makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari pun mengandung kafein. Coklat yang kerap kita konsumsi pun mengandung kafein, begitu juga yogurt dan ice cream.

Hanya yang perlu kita ingat, meski kafein memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi berlebihan, akan bermasalah bagi kesehatan. Untuk diketahui, asupan kafein maksimal per hari adalah 400 mg.

Sereal– sumber foto Verywell / Alexandra Shytsman

Makanan apa saja yang mengandung kafein, berikut ini paparan thedailymeal  Satu di antaranya adalah sereal. Banyak orang suka sereal tanpa tahu bahwa makanan itu mengandung kafein sekitar 1 mg per ¾ cangkir. Jadi kalau Anda di pagi hari mengkonsumsi sereal plus kopi secangkir maka asupan kafein Anda lumayan banyak.

Coklat dan berbagai macam makanan lainnya yang mengandung coklat, juga ada kandunga kafein di dalamnya. Sebut saja coklat hitan, chocolate chip cookie, oreo, bubuk coklat, susu coklat, pudding coklat dll.

Coklat– sumber foto see.news

Untuk coklat hitam yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat, mengandung 12 mg kafein dalam 1 ons. Satu batang coklat atau 5,71 ons, mengandung 70 mg kafein.

Chocolate chip cookie yang banyak digemari oleh anak-anak juga orang dewan mengandung kafein. Tak heran karena badan dasar pembuatan kue ini adalah coklat. Sementara minum satu cangkir susu coklat mengandung 2,5 mg kafein.

Bubuk kokoa yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kue mengandung 12,4 miligram kafein, sama dengan seteguk kopi.

Es krim kopi —Photography Credit: Elise Bauer/simplyrecipes.com

Bagaimana dengan es krim?

Untuk es krim rasa kopi, tentu saja mengandung kafein. Es krim kopi Haagen-Dazs mengandung 29 mg kafein.

Anda sering minum teh? Baik teh panas maupun es teh maupun lemon tea mengandung kafein. Lemon Snapple mengandung 37 miligram kafein dan lemon Gold Peak memiliki 34 miligram.

Matcha berasal dari daun teh hijau, kandungan kafeinnya hampir sama dengan kopi. Satu porsi atau 8 ons matcha siap saji mengandung sekitar 70 miligram kafein. Banyak penikmat matcha mengaku merasa lebih segar dan berenergi setelah beralih ke matcha daripada sebelumnya minum kopi.

Yogurt, tentu kebanyakan orang menyukainya. Yogurt kopi adalah sarapan penuh protein yang enak. Kandungan kafeinnya hanya 2,56 miligram per 5,3 ons. Tapi yogurt kopi rendah lemak dannon memiliki 30 miligram kafein per 6 ons.***dian

 

Comments

comments