Ini Manfaat Vitamin C untuk Atasi Gangguan Tidur

Ilustrasi jus jeruk sebagai salah satu sumber vitamin C. (pixabay)

Acuantoday.com— Sebagian orang berpendapat, semakin bertambah usia, waktu tidur semakin sedikit. Ini adalah pemahaman yang salah. Orang tua atau lansia membutuhkan tidur sama banyaknya dengan orang dewasa muda. Sayangnya, memang, banyak orang tua atau lansia menderita gangguan tidur yang membuat waktu tidurnya berkurang. Dan ini jika tidak diatasi bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk Alzheimer.

Mengutip heritageokc, Vitamin C dapat membantu lansia  mendapatkan tidur yang mereka butuhkan.

Apa hubungan antara tidur dan Vitamin C?

Banyak orang mengetahui bagaimana vitamin C bermanfaat bagi kekebalan mereka. Yang kurang diketahui adalah peran penting vitamin C dalam meningkatkan kesehatan tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu dengan konsentrasi vitamin C yang lebih besar memiliki tidur yang lebih baik daripada mereka yang memiliki konsentrasi rendah. Mereka juga lebih tahan terhadap dampak sesekali tidak bisa tidur di malam hari.

Tiga manfaat vitamin C dalam membantu  tidur lebih baik:

1.Meningkatkan Lamanya Tidur

Insomnia adalah gangguan tidur umum yang mempengaruhi sekitar setengah dari orang dewasa di atas usia 60 tahun. Alasan mengapa orang dewasa yang lebih tua mengalami kesulitan tidur mungkin berbeda dari variabel fisiologis dan gaya hidup. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang konsentrasi vitamin C dalam darahnya berkurang mengalami lebih banyak gangguan tidur di malam hari. Ini melibatkan bangun secara umum di malam hari dan tidak dapat kembali ke tempat tidur.

2.Gangguan Gerakan

Restless leg syndrome (RLS) adalah gangguan gerakan umum yang memengaruhi lebih dari 20% orang dewasa di atas 80 tahun. RLS menyebabkan para lansia untuk mengalami nyeri di kaki mereka yang sering disebut sebagai “kesemutan.” Sensasi ini memberi mereka dorongan yang tak terkendali untuk menggerakkan kaki, yang dapat membuatnya sangat sulit untuk tidur.

Vitamin C telah terbukti meminimalkan gejala RLS. Karena kekurangan zat besi dikaitkan dengan bahaya besar RLS, vitamin C juga dapat membantu tubuh untuk menyerap dan menyimpan zat besi.

3.Meningkatkan Sleep Apnea Obstruktif

Gangguan umum lainnya di antara orang dewasa yang lebih tua adalah apnea tidur obstruktif. Apnea tidur membuat Anda lebih sulit bernapas dengan menghalangi jalan napas saat Anda tidur. Gangguan ini dapat meningkatkan bahaya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dan bahkan dapat memengaruhi kesehatan kognitif. Vitamin C telah terbukti meredakan sleep apnea dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Manfaat Vitamin C Lainnya

Metabolisme lebih baik dan menurunkan berat badan

Pada 2017, sekitar 27% lansia di atas usia 65 mengalami obesitas, menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Jumlah lansia yang mengalami obesitas diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Alasan utama bertambahnya berat badan adalah karena metabolisme berkurang seiring bertambahnya usia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Colorado Boulder menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan metabolisme. Vitamin C membantu menghilangkan stres oksidatif dan memungkinkan lansia meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Memperkuat Sistem Imun

Dengan bertambahnya usia, menempatkan lansia pada peningkatan risiko tertular pilek atau flu. Vitamin C dapat mempertahankan fungsi sel kekebalan. Sebuah penelitian menemukan bahwa lansia yang mengonsumsi vitamin C dosis besar setiap hari selama setahun mempertahankan jumlah sel kekebalan yang konstan, sedangkan responden yang tidak mengonsumsi vitamin setiap hari mengalami penurunan jumlah dan fungsi sel.***dian

Comments

comments