Ini Sosok Malkan Amin, Cabup Barru yang Meninggal di Hari Pencoblosan

Malkan Amin/Foto:ist

Acuantoday.com, Barru –  Kandidat Bupat Barru, Sulawesi Selatan,  Malkan Amin, meninggal dunia tepat di hari pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Calon bupati nomor urut 3 itu menghembuskan nafas terakhir di salah satu rumah sakit  di Makasar, sekitar pukul 11.00 wita.

Sehari sebelumnya Malkan Amin dilarikan ke rumah sakit karena perlu perawatan atas penyakit yang dideritanya.

Malkan Amin berpasangan dengan A. Salahuddin Rum maju dalam Pilkada Barru diusung oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Malkan Amin adalah politisi senior. Ia pernah menjadi Wakil Sekjen DPP Partai Golkar selama dua periode, 1999 – 2004 dan 2004 – 2009. Ia juga pernah menjadi anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Belakangan Malkan Amin pindah haluan, bergabung ke Partai Nasdenm. Terakhir, ia menjabat sebagai Ketua DPW Nasdem Sumatera Barat.

Ketika itu, pria kelahiran 11 Agustus 1946 itu mengatakan, kepindahannya ke Nasdem bukan karena diirinya bermasalah dengan partai beringin. Tetapi karena ia merasa “sejalan” dengan visi dan misi partai yang komandani oleh  Surya Paloh itu.

Konon, Malkan Amien memamg punya hubungan sangat dekat dengan Surya Paloh.

Malkan Amin juga seorang pengusaha sukses. Ia antara lain menjabat sebagai Direktur PT. Mustika Biru Jakarta dan Direktur PT. Wastika Colas Jakarta.

Ia juga pernah menjadi Sekretaris Umum BPD GAPENSI Sulawesi Selatan (1983-1989),  Sekjen BPP GAPENSI Jakarta (1992-1998).

Kepergian Malkan Amin mengejutkan banyak pihak. Terutama karena kabar duka itu beredar tepat di “puncak” rangkaian kegiaatan Pilkada: di hari pencoblosan. (Bram)

 

Comments

comments