Inilah 11 Buah yang Mengandung Protein Tinggi

Ilustrasi buah-buahan yang mengandung protein tinggi-- sumber foto webMD

Acuantoday.com— Jika Anda ditanya tentang makanan apa saja yang menjadi sumber protein Anda pasti berpikir telur, ayam, ikan, daging, dll. Tentu tidak salah, hanya saja Anda tidak terpikir bahwa buah-buahan pun ada yang mengandung protein. Bukan buah-buahan yang aneh atau sulit didapat, tetapi justru buah-buahan yang sehari-hari ada di sekitar kita.

Jumlah protein yang kita butuhkan per hari untuk diet sehat, kata halodoc,   adalah 0,8 gram dari setiap kilogram berat badan. Jadi, untuk mendapatkan perhitungan protein yang tepat, Anda bisa mengalikan saja angka 0,8 dengan berat badan saat ini. Biasanya jumlah protein yang dibutuhkan wanita dengan berat badan normal berkisar 46-50 gram per hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya. Jumlah tersebut bisa dikatakan adalah 10 persen dari kebutuhan makan harianmu.

Dikutip dari webMD, berikut ini buah-buahan yang mengandung protein tinggi.

Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang paling kaya protein. Dalam satu cangkir jambu biji mengandung protein 4,2 gram. Buah tropis ini juga tinggi vitamin C dan serat. Iris atau gigit langsung seperti apel. Anda bahkan bisa memakan bijinya dan kulitnya, jadi tidak ada yang tersisa.

Alpukat

Campurkan guacamole atau tumbuk beberapa buah alpukat di atas roti panggang Anda. Secangkir alpukat yang sudah diiris berbentuk dadu mengandung 3 gram protein, jika ditumbuk memberi Anda protein 4.6 gram. Buah ini kaya dengan lemak sehat, serat dan kalium. Beberapa orang suka mencampurinya dengan bahan lain seperti irisan buah persik dan taburan madu.

Nangka

Kerabat buah berduri ini telah menjadi makanan pengganti daging oleh para penganut vegan. Anda bisa memanggang nangka dan membumbui seperti ayam atau babi. Kemudian Anda bisa membuat taco vegan atau kari Thailand dengan buah serbaguna ini. Meskipun kandungan proteinnya jauh lebih rendah daripada daging, nangka memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk sepotong buah. Per-cangkir Anda bisa mendapat 2,8 gram protein.

Kiwi

Kiwi akan memberi Anda sekitar 2 gram protein per cangkir. Dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Kulitnya bisa dimakan, tapi sebelumnya bersihkan dulu buah ini. Kemudian iris dan makan.

Aprikot

Secangkir Apricot iris mengandung 2,3 gram protein. Aprikot kering juga bisa menjadi camilan yang enak. Seperempat cangkir saji akan memberi Anda 1,1 gram protein.

Blackberry dan Raspberry

Tidak semua buah beri merupakan sumber protein yang bagus. Tapi Blackberry memiliki 2 gram protein per cangkir. Raspberry juga relatif tinggi protein, sekitar 1,5 gram per cangkir.  Dapat dimakan langsung atau ditambahkan ke yogurt untuk sarapan yang kaya protein.

Kismis

Jika buah-buahan kering adalah kesukaan Anda, Kismis adalah pilihan yang baik untuk protein. Satu ons, atau sekitar 60 buah, mengandung hampir 1 gram protein. Camilan dengan kacang, taburkan di oatmeal Anda saat sarapan, atau masukkan ke dalam salad untuk sedikit rasa manis.

Pisang

Secara teknis, mereka adalah berry dan memiliki banyak manfaat. Pisang mengandung kalium tinggi, nyaman untuk dimakan saat dalam perjalanan, dan dapat memberi bahan bakar pada tubuh Anda selama latihan serta minuman olahraga, menurut sebuah penelitian. Seolah itu belum cukup, satu pisang berukuran sedang mengandung 1,3 gram protein.

Jeruk Bali

Buah jeruk ini tidak hanya merupakan vitamin C tinggi, tetapi satu Jeruk Bali berukuran sedang akan memberi Anda 1,6 gram protein. Jika Anda kurang menyukainya untuk memakan langsung, bisa juga membuat kreasi. Cobalah.

Panaskan Jeruk Bali yang sudah dibelah dua di bawah pemanggang oven Anda selama 5 menit untuk membuat bagian atasnya karamel, lalu taburkan kayu manis di atasnya dan gali dengan sendok.

Jeruk

Ini adalah sumber vitamin C yang bagus, dan satu bungkus jeruk berukuran sedang mengandung 1,2 gram protein. Namun, jangan membuatnya menjadi jus karena proteinnya dalam satu cangkir hanya setengah gram. Untuk mendapatkan semua manfaat protein dari buah jeruk ini, Anda harus menggigit dagingnya yang manis.

Ceri

Buah batu merah tua ini adalah salah satu camilan termanis di musim panas. Satu cangkir ceri memiliki 1,6 gram protein. Jika sedang tidak musim, beli yang beku untuk dicampur dengan smoothie Anda. ***dian

Comments

comments