Insentif  Rp Satu Triliun Dicairkan, Menkes Minta Mahasiswa PPDS Terus Melayani

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berfoto bersama dengan para sivitas akademika Universitas Sam Ratulangi, Manado, Selasa , 25 Agustus 2020. Menteri Terawan datang ke Universitas Sam Ratulangi untuk menyerahkan dana insentif bagi bagi mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19./foto:Hardiyanto

Acuantoday.com, Manado  — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto  menyerahkan insentif bagi mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sam Ratulangi yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia,  Selasa , 25 Agustus 2020.

Para dokter peserta PPDS di Unsrat merupakan bagian dari 489 dokter residen yang sedang menempuh pendidikan spesialis di Provinsi Sulawesi Utara. Setiap dokter mendapatkan insentif pelayanan pasien Covid-19 sebesar Rp 12,5 juta per bulan selama enam bulan.

“Jadi akan dibayarkan langsung untuk enam bulan. Dibayar sekaligus Rp 75 juta ya,” kata  Terawan disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Saat ini pemerintah telah mencairkan dana Insentif sebesar Rp 1 triliun bagi 13.369 dokter residen yang ada di seluruh Indonesia.

Menkes berharap dana insentif ini bisa menjadi pelecut semangat mahasiwa dalam upaya pengendalian Covid-19 di Indonesia. “Saya minta adik-adiku tidak boleh patah semangat. Terus melayani.  Karena yang kita layani itu sebenarnya wujud Tuhan sendiri yaitu orang-orang lemah yang menderita,  orang yang sengsara, orang yang sakit. Itulah orang yang kita layani. Dan itu menjadi berkat buat kita,” ujarnya.

Ia menutrurkan, kalau kita melayani dengan ikhlas dan tulus maka jalan kita juga akan dimuluskan Tuhan. “Saya percaya di sini semua calon-calon menteri kesehatan semua. Karena saya dulu juga PPDS tidak pernah membayangkan menjadi Menteri Kesehatan. Saya dulu hanya sebagai seorang residen PPDS, taunya belajar dan menghitung, kira-kira uangnya cukup nggak untuk biaya sekolah. Karena itu, kebutuhan saudara selalu akan saya tingkatkan,” kata Terawan.

Ke depan, Menkes Terawan mengatakan akan selalu melakukan komunikasi dengan Komisi IX DPR RI selalu mitra kerja Kementerian Kesehatan. Sehingga pemerintah bisa  mewujudkan apa yang terbaik buat para tenaga kesehatan.

Untuk diketahui pemerintah telah mencairkan dana Insentif sebesar Rp 1 triliun bagi 13.369 dokter residen yang ada di seluruh Indonesia. (Har)

 

 

Comments

comments