Istri dan Teman Wanita Tersangka Suap Eks Sekretaris MA Diperiksa KPK

Ilsutrasi - Logo Komisi Pemberantasan Korupssi (KPK). Empat saksi dicecar penyidik KPK, Senin (26/10) untuk tersangka mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya periode 2011-2013 Fathor Rachman (FR) dan kawan-kawan. KPK berupaya menelusuri aliran dana proyek fiktif dari perkara tersebut./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan LI, istri Hiendra Soenjoto, tersangka kasus suap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, saat yang bersangkutan berhasil ditangkap pada Kamis (29/10) kemarin di sebuah apartement di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Selain itu, VC, teman wanita Hiendra, pun yang berada di tempat penangkapan, turut diamankan. Keduanya diperiksa untuk mendalami perkara korupsi yang terjadi. Tapi karena dianggap kooperatif, penyidik KPK tak sampai menahan mereka.

“Selain menangkap DPO tersangka HS, penyidik KPK pada tanggal 29/10/2020 juga mengamankan 2 orang yaitu: teman HS yang bernama VC, dan LI selaku istri tersangka HS,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

“Keduanya saat ini telah selesai dilakukan pemeriksaan oleh penyidik KPK dan telah kembali ke tempat masing-masing karena kooperatif,” imbuh Ali.

Ali menerangkan Istri dan teman Hiendra itu diperiksa untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka soal kasus korupsi yang membelit Hiendra. Tak hanya itu, KPK juga mengorek keterangan tentang biaya hidup Hiendra selama jadi buron.

Sebelumnya, Hiendra ditetapkan sebagai tersangka bersama Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono pada 16 Desember 2019. Hiendra diduga memberi suap ke Nurhadi terkait sejumlah perkara perdata di MA dengan total korupsi mencapai Rp83 miliar.

Ketiganya ditetapkan sebagai buron oleh KPK sejak 13 Februari lalu, setelah sebelumnya selalu mangkir dari pemeriksaan dan menghilang begitu saja. Belakangan, KPK baru berhasil menangkap Nurhadi dan Rezky di Jakarta Selatan 2 Juni lalu.(rwo)

Comments

comments