Jadi Vegetarian, Vicky: Awalnya Beratnya Minta Ampun

Vicky Burki--foto instagram vickyburki

Acuantoday.com— Gaya hidup vegetarian semakin banyak pengikutnya. Berawal makanan dan kini berkembang dalam banyak aspek. Kadang orang salah mengerti, mengira vegetarian adalah vegan. Kedua gaya hidup ini berbeda. Mereka yang vegetarian adalah tidak mengkonsumsi segala daging hewan, namun mereka mengkonsumsi produk turunannya, seperti susu, keju, telur, dll.

Sementara vegan, gaya hidup yang tidak mengkonsumsi segala daging hewan dan produk turunannya. “Jadi menjadi vegan itu lebih berat. Karena selain daging hewan, kita juga tidak mengkonsumsi berbagai produk turunannya, seperti susu, telur, keju, dll,” ungkap seorang vegetarian yang baru belajar menjadi vegan.

Hal senada juga diungkap Vicky Burki, artis yang juga instruktur pole dance. Vicky sudah belasan tahun menjadi vegetarian, belum berani melangkah lebih jauh menjadi vegan. “Aku vegetarian bukan vegan. Aku tidak  mengkonsumsi semua hewan bernyawa, tapi masih mengkonsumsi produk turunannya, seperti  keju, telur susu. Kalau vegan, kan, juga tidak mengkonsumsi produk turunannya,” jelas Vicky yang pernah menjadi Ratu Aerobik se-Asia 1988, ini.

Ilustrasi makanan vegetarian—sumber gambar caitlin shoemaker youtube

Wanita bernama lengkap Victorine Cherryline Soedarjono Burki ini mengaku awal mengubah gaya hidupnya menjadi vegetarian sungguh terasa berat. Apalagi dia termasuk orang yang doyan makan dan sangat menyukai menyantap daging-dagingan. `

”Awalnya, berat banget. Menderitanya minta ampunnn. Apalagi aku sebenarnya paling doyan makan daging-dagingan (dulu). Tapi demi gaya hidup sehat, aku memutuskan jadi vegetarian. Tidak makan daging hewan, nggak pake bertahap. Langsung berhenti. Karena kalau bertahap ada potensi gagal. Jadi langsung aja. Karena itu rasanya menderita sekali,” ungkap pemeran sinetron ‘Cinta di Langit Taj Mahal’  ini.

Gara-gara menjadi vegetarian itu, lanjut Vicky, dua tahun awal dia jarang sekali mengunjungi restoran. “Aku kan aslinya doyan makan, kalau ngeliat orang makan takut tergoda. Jadi jarang banget berkunjung ke restoran. Itu dulu, dua tahun awal. Kalau sekarang sih biasa saja. Orang makan di depanku, nggak bakal Vicky tergoda,” ucap Vicky yang mengaku jika kangen makanan-makanan yang dulu biasa dikonsumsinya, dia datang ke restoran khusus vegetarian.

Banyak manfaat yang dirasakan Vicky setelah menjalani gaya hidup vegetarian. Yang paling terasa, kata Vicky, tubuhnya menjadi bugar, badan kuat dan jarang sakit. Jarang lemas. Juga menjadi lebih tenang. “Aku kan orangnya mudah emosian, nah semakin kesini, semakin bisa mengontrol emosi. Jadi lebih tenang. Nah banyak manfaat itu tidak didapat secara serta merta, namun setelah menjalani vegetarian bertaruh-tahun. Jadi semua ada prosesnya,” ujar wanita yang tampak awet muda diusianya 55 tahun.***cit

Comments

comments