Jakarta PSBB Lagi, Peneliti Ingatkan Kesiapan Pasokan Pangan

Sembilan Bahan Pokok (Sembako) merupakan kebutuhan pmer yang harus dipenuhi untuk masyarakat di masa pendemi COVID-19/ Foto; Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Kesiapan sebuah daerah dalam menerapkan kebijakan pemberlakuan sosial berskala besar (PSBB) secara total dinilai sangat penting.

Untuk itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah benar-benar memperhitungkan secara seksama kelancaran pasokan pangan sebagai kebutuhan primer masyarakat.

“Pemerintah harus memastikan kelancaran rantai pasok pangan,” ucap Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Galuh Octania di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Upaya meminimalisasi gangguan distribusi pangan antardaerah, dinilai Octania sangat penting untuk menghindari kelangkaan pada saat pandemi.

“Sinergi antar pemerintah daerah sangat penting untuk membantu kelancaran distribusi. Lebih baik lagi, jika kerja sama ini merangkul swasta. Banyak di antara mereka yang memiliki jaringan yang lebih efisien,” kata Galuh melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan data BPS, Jawa Tengah merupakan produsen beras terbesar dengan total produksi 5,52 juta ton pada tahun 2019. Selain itu, sebanyak 51,15 persen gula Indonesia diproduksi di Jawa Timur pada tahun 2018.

Sementara itu, Jawa Barat adalah produsen daging ayam terbesar dengan total 886.752 ton pada 2019. Komoditas-komoditas ini perlu didistribusikan, tidak hanya ke daerah-daerah di Pulau Jawa tetapi juga ke seluruh Indonesia.(ian)

Comments

comments