Jangan Lakukan 12 Hal Ini Jelang Tidur Malam

Ilustrasi minum kopi---sumber foto WebMD

Acuantoday.com— Setelah seharian beraktivitas, Anda tentu ingin tidur nyenyak di malam hari. Sayangnya, terkadang, karena ketidaktahuan kita melakukan hal-hal yang ternyata itu bisa merusak kesempatan kita untuk tidur nyenyak di malam hari.

Berikut ini dikutip dari WebMD tentang hal-hal yang harus dihindari jika kita ingin mendapat kesempatan tidur nyenyak di malam hari.

1.Minum Kopi Setelah Makan Malam

Kopi mengandung kafein. Sangat nikmat rasanya jika diseruput setelah makan malam. Tapi apa yang terjadi. Kamu akan terjadi bahkan sampai jam 3 pagi. Itu adalah pengaruh dari kafein yang terkandung dalam kopi. Dan ingat lah, kafein tidak hanya terdapat pada kopi tapi juga makanan dan minuman lainnya di antaranya teh, coklat, soda juga minuman berenergi lainnya.

2.Meminum Alkohol

“Minum-minum” adalah cara sempurna untuk mengakhiri malam, bukan? Salah. Alkohol  akan mengacaukan tidur nyenyak Anda. Bisa saja Anda mengantuk kemudian tidur, tapi kemudian Anda terbangun beberapa jam kemudian.

3.Jelajahi Web atau Main Ponsel

Cahaya buatan di malam hari bisa berdampak buruk untuk tidur. Tapi “cahaya biru” pada ponsel cerdas dan komputer sangat buruk, begitu juga televisi. Matikan layar terang 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur agar tubuh Anda siap untuk tidur.

4.Suhu Panas

Di saat suhu udara panas, kita akan merasa gelisah dan sulit untuk tidur nyenyak. Apalagi kalau kelembapan tinggi. Jika kita ingin mendapatkan istirahat yang baik, kita harus tetap tenang.

5.Makan Dekat dengan Waktu Tidur

Sedikit mungkin baik-baik saja. Tetapi jika makan besar atau kudapan dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat otak Anda, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan bahkan mimpi buruk. Tapi itu tidak mempengaruhi semua orang dengan cara yang sama. Jika Anda suka ngemil tengah malam, buatlah catatan harian tentang apa yang terjadi saat Anda makan larut malam untuk melihat apakah itu mengganggu Anda.

6.Minum Obat Tertentu

Jika Anda harus minum obat sebelum tidur, Anda harus melakukannya. Tetapi beberapa obat resep dapat membuat Anda tidak mendapatkan kualitas tidur, dan beberapa obat yang dijual bebas mengandung stimulan. Periksa dengan dokter Anda tentang apa yang Anda minum dan kapan, sebelum Anda mengganti atau menghentikan pengobatan apa pun.

7.Lewati Olahraga

Olahraga biasanya baik untuk tidur Anda. Ini dapat meningkatkan mood Anda, mengurangi kecemasan, dan membuat Anda santai sebelum tidur. Ini juga membantu mengatur pola teratur untuk tidur dan bangun sekitar waktu yang sama setiap hari (ritme sirkadian).

Meskipun begitu, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat merusaknya. Itu memang tidak terjadi pada semua orang. Tapi sebaiknya cobalah untuk menyelesaikan latihan Anda setidaknya 3 jam sebelum Anda pergi tidur.

8.Masalah Kesehatan Mental

Anda lebih mungkin mengalami masalah tidur jika memiliki masalah kesehatan mental yang tidak ditangani. Ini mungkin kondisi seperti kecemasan, depresi, atau gangguan bipolar. Atau bisa jadi masa sulit dalam hidup Anda, seperti kehilangan pekerjaan atau pasangan. Apa pun penyebabnya, terapi bicara, pengobatan, atau keduanya dapat membantu. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang terbaik untuk Anda.

9.Khawatir

Apakah saya membuang sampah? Apakah saya memberi makan anjing itu? Apakah besok giliranku untuk melakukan carpool? Memikirkan hal-hal ini dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Menulis daftar hal yang harus dilakukan sebelum Anda berbaring, mungkin bisa membantu. Ini dapat menenangkan pikiran Anda dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur. Menyimpan bolpoin dan buku catatan di samping tempat tidur Anda bisa membantu jika Anda memikirkan sesuatu di tengah malam.

10.Berdebat Setelah Makan Malam

Diskusi yang sulit atau penuh amarah di malam hari dapat memicu hormon yang membuat Anda tetap terjaga. Simpan pembicaraan yang sulit di siang hari, dan cobalah rutinitas malam yang menenangkan. Baca buku atau dengarkan musik yang menenangkan. Mandi air panas atau mandi atau beberapa latihan peregangan ringan juga dapat membantu Anda menenangkan diri.

11.Minum Terlalu Banyak Air

Anda ingin minum cukup agar tetap terhidrasi, tetapi jangan terlalu banyak sehingga mengganggu tidur Anda.

12.Tidur ‘Kecil’

Ini mungkin tampak seperti cara yang baik untuk mengejar waktu istirahat, tetapi tidak banyak membantu untuk menggantikan tidur yang hilang. Ini dapat mengacaukan siklus normal Anda untuk tidur dan bangun. Pertahankan jam kerja reguler, dan Anda mungkin akan tidur lebih lama dan lebih baik.***dian

Comments

comments