Jangan Sepelekan Bibir Pecah-pecah, Ini Cara Merawatnya

Ilustrasi bibir pecah-pecah--sumber foto webMD.com

Acuantoday.com— Pernah mengalami bibir pecah-pecah? Sepertinya hampir kebanyakan orang pernah mengalami masalah ini. Sungguh tak nyaman dan tidak bagus dari segi penampilan. Jika mengalami hal ini, sebaiknya, segera melakukan perawatan bibir seperti memberi lips balm. Juga jaga jari Anda agar tidak iseng mengupas luka di bibir karena dapat menyebabkan luka semakin melebar.

Mengutip  webMD, Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah di antaranya;  cuaca kering, udara kering di dalam ruangan, kekurangan kelenjar minyak di bibir Anda, tidak melembabkan bibir Anda, mengenakan lipstik atau balsem yang mengiritasi, menggunakan produk bibir yang keras atau mengering seperti mentol, kamper, atau asam salisilat, terlalu banyak terpapar sinar matahari, sering mengorek bibir secara berlebihan, kurang minum air, dll.

Perawatan dan Pencegahan Bibir Pecah-pecah

Bibir Anda tidak memiliki kelenjar minyak, dan hampir selalu terpapar berbagai unsur. Jadi, jika Anda tidak merawat dengan baik maka masalah pasti menanti Anda.

Lalu bagaimana caranya agar bibir tetap sehat?

Gunakan lip balm. Balsem yang bagus dapat melindungi kulit bibir Anda yang lembut. Pilih yang mengandung emolien tinggi. Periksa daftar bahan untuk petrolatum yang mengunci kelembapan, dan dimetikon yang menutup retakan pada bibir yang mengering. Jangan membatasi diri Anda hanya pada produk yang mengandung kata balm. Sebab ada juga salep yang juga bagus untuk perawatan bibir.

Terapkan balm ataupun salep lebih sering pada bibir. Apapun jenis produk yang Anda pilih, aplikasikan sebelum Anda memakai lipstik atau lip gloss, bukan setelahnya. Untuk menjaga bibir Anda tetap terlindungi, oleskan kembali sesering mungkin.

Anda membutuhkan sekitar enam hingga delapan kali olesan sepanjang hari, jadi mulailah mengaplikasi di pagi hari, siang hari dan malam hari. Lebih baik bawa selalu produk perawatan bibir ini kemanapun Anda pergi sehingga mudah mengaplikasikannya di saat membutuhkan.

Lindungi bibir Anda saat berada di luar. Seperti halnya Anda menutupi tangan dan kaki Anda saat suhu turun (dingin), lakukan hal yang sama untuk bibir Anda. Ingatlah untuk memilih lip balm dengan perlindungan UV spektrum luas sepanjang tahun.

Minumlah. Anda tahu itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah melawan dehidrasi yang menyebabkan bibir pecah-pecah.

Gunakan humidifier di dalam ruangan. Perangkat ini memberikan kelembapan yang diinginkan bibir dan kulit Anda. Baik jika memilikinya di tempat kerja maupun di rumah, terutama di musim dingin. Nyalakan di malam hari untuk merawat kulit Anda saat Anda tidur.

Jangan menjilat bibir Anda. Menjilat bibir Anda adalah hal buruk, hentikanlah. Karena saat air liur Anda mengering, dibutuhkan lebih banyak kelembapan dari kulit Anda.

Jangan mengupas kulit bersisik di bibir. Kulit di bibir Anda tipis dan halus. Mengupasnya dapat menyebabkannya berdarah dan sakit, memperlambat proses penyembuhan, dan menyebabkan lebih banyak iritasi.

Jangan terkelupas. Ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada bibir pecah-pecah. Sebagai gantinya, oleskan banyak balsem atau salep dan nyalakan pelembab udara.

Jagalah bibir Anda. Beberapa produk perawatan yang bisa membuat bibir bermasalah seperti kayu putih, mentol, dan kapur barus dapat mengiritasi bibir Anda. Hindari itu. Terutama jika Anda memiliki kulit kering. Jika Anda alergi terhadap minyak nabati dan pelembab seperti lilin lebah, shea butter, biji jarak, dan minyak kedelai, beralihlah ke produk berbahan dasar petroleum jelly.

Temui dokter kulit jika masalah Anda terus berlanjut. Pecah-pecah yang tidak kunjung sembuh, meskipun sering menggunakan pelembap bibir, bisa menjadi tanda infeksi atau masalah yang lebih serius, seperti kanker atau kondisi prakanker yang disebut actinic cheilitis. ***dian

 

 

Comments

comments