Jawa Timur, DKI dan Jawa Tengah Catat Kasus Kematian Tertinggi

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, ?Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Dua provinsi yaitu Jawa Timur dan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah kematian tertinggi akibat COVID-19.

Data Kementerian Kesehatan hari ini, Selasa (24/11) mencatat kasus kematian baru akibat COVID-19 di Jawa Timur sebanyak 31 kasus kematian sehingga total kasus kemtian akibat CIVID-19 di Jawa Timur mencapai 4.215 orang.

Kasus tertinggi kedua yaitu DKI Jakarta tercatat penambahan kasus kematian hari ini sebanyak 19 kasus kematian sehingga total kasus kematian akibat COVID-19 telah mencapai 2.561 kasus kematian.

Kasus kematian tertinggi ketiga ada di Provinsi Jawa Tengah yang hari ini tercatat mengalami penambahan sebanyak 13 kasus sehingga menambah jumlah total kasus kematian menjadi 2.153 kasus.

Di luar tiga provinsi tersebut, jumlah kasus kematiannya masih di bawah 1.000 kasus. Contohnya Jawa Barat meski tergolong provinsi yang memiliki kedapatan penduduk cukup tinggi dan kasus positifnya juga memiliki angka tinggi namun kasus kematiannya tercatat 872 kasus kematian. Jumlah itu diperoleh setelah hari ini Jawa Barat mengalami penambahan kasus kematian COVID-19 sebanyak 4 kasus.

Secara nasional penambahan kasus kematian hari ini mengalami penambahan sebanyak 109 kasus sehingga total kasus kematian COVID-19 sudah mencapai 16.111 kasus.

Sementara itu, penambahan kasus positif baru penularan COVID-19 hari ini tercatat sebanyak 4.192 kasus positif sehingga total kasus positif penularan COVID-19 di tanah air telah mencapai 506.302 kasus positif corona.

Penambahan sebanyak itu setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 39.971 spesimen dalam 24 jam terakhir. Pemeriksaan spesimen tersebut dilakukan dengan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Dari total jumlah kasus positif tersebut sebanyak 64.878 atau 12.8% merupakan kasus aktif yaitu pasien yang sedang menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit.

Kasus COVID-19 telah terdata di 34 provinsi Indonesia. Dari 514 kabupaten/kota yang ada, sudah terdapat 505 kabupaten/kota dinyatakan terdampak penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2.(har)

 

Comments

comments