Jelang Libur Panjang, Hotel di Cianjur Sepi Pemesan

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, Nano Indrapraja./Foto:Antara/Ahmad Fikri.

 Acuantoday.com, Cianjur – Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, pemesanan kamar hotel di kawasan wisata Cianjur, Jawa Barat, belum ramai.

Sementara saat ini tingkat okupansi masih rendah di kisaran 25 persen.

“Biasanya, tahun sebelumnya, pada minggu pertama Desember, pesanan kamar hotel sudah mencapai 50 persen,” kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Nano Indrapraja, Kamis (10/12).

Anjloknya pemesanan kamar hotel terutama dipicu oleh pandemi COVID 19. “PSBB yang masih berlaku di sejumlah wilayah,” tambah dia.

Namun Nano optimistis tingkat pemesanan hotel akan meningkat menjelang pergantian tahun nanti.

“Harapan kami menjelang akhir tahun ada peningkatan okupansi maksimal di angka 50 persen, karena selama pandemi okupansi hotel terus menurun, meski sempat mengalami kenaikan pada bulan Oktober, namun terus menurun hingga saat ini karena PSBB kembali diperpanjang di sejumlah wilayah,” katanya.

Sementara Markom Manager Le Eminence Hotel, Rizky Sutrisna, mengatakan menjelang libur panjang kali ini, tingkat pemesanan kamar hotelnya masih di bawah 25 persen. Angka itu jauh dibawah dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini menurun drastis. Pekan ini, angka pemesanan baru 22 persen dari kapasitas yang ada dan diperbolehkan selama pandemi,” katanya.

Ia pun menempuh berbagai cara untuk mendkongkrak angka pemesanan.

“Selain menjamin kesehatan lingkungan hotel, kami memberi diskon pada  tamu,” kata Rizky. (Yoga/Ant)

 

 

Comments

comments