Jelang Malam Tahun Baru, Polda Jateng Bentuk Tim Gugus Tugas Khusus Pengamanan

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi ketika diwawancara awak media di tengah kesibukan melakukan pantauan Libur Nataru. Foto: Humas Polda

Acuantoday.com— Kepolisian Daerah Jawa Tengah membentuk tim gugus tugas khusus pengamanan malam tahun baru 2021. Hal ini untuk mengantisipasi kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan dan berpotensi menjadi klaster baru Covid-19.

Irjen Pol Ahmad Luthfi selaku Kapolda Jawa Tengah juga menegaskan bahwa selama perayaan malam tahun baru 2021 tidak boleh ada petasan atau pun kembang api di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi hal-hal di atas, Polda Jawa Tengah berencana melakukan patroli mobiling yang akan dilakukan oleh petugas gabungan dari Polri dan TNI serta instansi terkait lainnya.

“Untuk antisipasi kerawanan malam tahun baru tersebut akan di bentuk gugus tugas khusus pengamanan malam tahun baru, yang terdiri dari tim gabungan, untuk antisipasi Covid-19,” ujar Irjen Ahmad Luthfi melalui rilis resmi yang diterima Acuantoday, Rabu (30/12).

Tak berhenti di situ, Polda Jateng juga menegaskan akan melakukan pengamanan dan penjagaan yang ketat terhadap kegiatan di hotel-hotel, tempat pertemuan, dan objek wisata di wilayah Jawa Tengah.

Untuk mobilitas masyarakat yang keluar masuk di perbatasan Jawa Tengah saat tahun baru, Polda Jateng akan memberlakukan skala prioritas. Pihak Polda hanya akan memperbolehkan kendaraan yang mengangkut barang kebutuhan pokok atau pun kendaraan penumpang umum.

Selain itu, masyarakat juga diimbau Polda Jateng untuk tidak melakukan arak-arakan dan pawai yang bisa menganggu lalu lintas. Irjen Ahmad Luthfi selaku Kapolda Jateng juga mengingatkan petugas pengamanan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah tugas menegakkan kedisiplinan.

“Kami juga mengimbau kepada petugas Pos Pam untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas. Yaitu dengan disiplin 4 M. Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta menghindari kerumunan,” tegas mantan Kapolresta Surakarta ini.

Kapolda Jateng sendiri jelang perayaan malam tahun baru melakukan tinjauan di beberapa Pos Pelayanan Operasi Lilin Candi 2020. Ahmad Luthfi didampingi pejabat utama Polda Jawa Tengah melakukan pantauan untuk memastikan pengawasan kerawanan dari gangguan kamtibmas ataupun pelanggaran protokol kesehatan yang dimungkinkan terjadi saat malam tahun baru 2021.***alvin

Comments

comments