Jelang Olimpiade Tokyo, Atlet AS Siap-Siap Divaksin

Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Internasional saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Lausanne, Swiss, Selasa (26/1/2021)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta—Atlet-atlet Olimpiade di Amerika Serikat (AS) mulai didata untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo.

“Saat ini, kami optimistis atlet-atlet Olimpiade di AS sudah siap dan akan segera mendapatkan suntikan vaksin sebelum dilaksanakannya Olimpiade Tokyo,” kata CEO Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS (USOPC) Sarah Hirshland, dikutip dari Reuters, Kamis (11/3).

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, per Selasa (9/3) pagi waktu setempat, tercatat hampir 128 juta dosis vaksin Covid-19 sudah didistribusikan di wilayah AS dan 96 juta suntikan telah diberikan.

Menurut Hirshland, atlet-atlet kemungkinan akan mendapatkan vaksin tersebut secepatnya pada Mei.

Meski demikian, dia menuturkan USOPC tidak mewajibkan seluruh atlet divaksinasi sebelum Olimpiade Tokyo. Namun pihaknya tetap yakin sebagian besar atlet akan memilih untuk disuntik vaksin terlebih dahulu.

“Saya yakin sepenuhnya akan ada sebagian atlet AS yang memilih untuk tidak disuntik vaksin dan kami menghormati pilihan mereka. Akan tetapi, kami berharap sebagian besar atlet memilih untuk di vaksin,” ungkap Hirshland.

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa mundur satu tahun akibat pandemi virus corona dan dijadwalkan kembali pada 23 Juli nanti. (ahm)

Comments

comments