Jelang Paskah, Brimob Polda DIY Sterilisasi Gereja

Brimob Polda DIY lakukan sterilisasi di Gereja Katolik Santo Antonius, Kota Baru Yogyakarta.

Acuantoday.com, Yogyakarta – Menjelang Perayaan Paskah 2021, Brimob Polda DIY menggelar kegiatan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di Kota Yogyakarta. Kegiatan dilakukan untuk mengantisipasi adanya benda-benda membahayakan selama peribadatan berlangsung.

Di antara gereja yang disterilisasi okeh Brimob Polda DIY yaitu Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (1/4/2021).

Para petugas yang datang langsung melakukan penyisiran ke sejumlah sudut ruangan baik di altar gereja atau tempat duduk jemaat. Ornamen atau hiasan natal dan patung-patung yang ada di dalam gereja juga tak luput dari pengecekan.

Selain itu, di halaman di luar gereja juga dilakukan sterilisasi. Pengecekan dilakukan menggunakan alat seperti metal detector yang difungsikan untuk mengetahui barang mencurigakan.

Kanit Jibom Brimob Polda DIY Iptu Agus Setyono mengatakan bahwa giat kali ini dilakukan atas perintah dari Kapolda DIY dan Dansat Brimob Polda DIY, apalagi menyusul kejadian teror bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar dan penyerangan di Mabes Polri baru-baru ini.

“Jadi kegiatan ini terkait dengan situasi yang berkembang di beberapa wilayah. Kami di jajaran Satbrimob yang berada di wilayah Jogja menindaklanjuti kejadian di Makassar dan kemarin di Mabes Polri,” kata Agus kepada wartawan di Gereja Santo Antonius Kotabaru.

Agus mengatakan, kegiatan sterilisasi bertujuan agar memberikan keyakinan yang lebih kepada masyarakat. Terlebih masyarakat atau umat Kristen dan Katolik yang hendak melaksanakan peribadatan Hari Raya Paskah.

Dari hasil pengecekan yang telah dilakukan para anggota Brimob Polda DIY, tidak didapati barang-barang yang mencurigakan. Artinya, gereja dalam keadaan steril dan aman dan siap untuk digunakan dalam ibadah Paskah.

“Nanti setelah itu kita serah terimakan kepada pihak gereja maupun rekan kami yang dari polsek. Untuk selanjutnya menjaga sampai nanti kegiatan berlangsung hingga selesai benar-benar aman,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiagakan personel untuk terus berjaga dalam rangkaian perayaan Paskah di beberapa gereja yang ada.

“Penjagaan ada, nanti baik berupa pengamanan di sekitar sini [gereja] atau patroli-patroli di lingkungan atau wilayah sini,” jelasnya.

Agus menambahkan, penjagaan dan sterilisasi tidak hanya dilakukan di Kotabaru saja. Sterilisasi juga dilakukan di gereja-gereja lain yang memiliki banyak jemaat. (Chaidir)

Comments

comments