Jelang Ramadan, Satpol PP Kota Bandung Masifkan Penertiban PKL

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi./Foto: Acuantoday.com (dila)

 

Acuantoday.com, Bandung―Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung bakal menggenarkan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) selama Ramadan 2021.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi menilai langkah ini dilakukan sebagai salah satu cara mencegah menjamurnya PKL di sejumlah titik setiap Ramadan tiba.

“Ini seperti tradisi, di Kota Bandung ketika bulan Ramadhan dan Lebaran PKL ini menjamur di kawasan yang dilarang,” kata Rasdian ketika dikonfirmasi, Jumat (9/4).

Menurut Rasdian, pihaknya sebagai penegak peraturan daerah bukan ingin melarang warga berjualan dan mencari rezeki di bulan Ramadan tapi harus di titik yang semestinya.

“Warga yang berprofesi sebagai pedagang juga harus memahami daerah mana yang boleh di jadikan tempat usaha, dan daerah yang tidak boleh atau zona merah,” katanya.

Lebih lanjut, Rasdian menambahkan, di Kota Bandung sendiri, ada 3 kategori zona yang harus diketahui oleh para pedagang jika tidak ingin ditertibkan ketika berjualan.

“Ada 3 zona di Kota Bandung, yaitu zona merah, kuning dan hijau. Sering kali kami mendapati ada PKL yang bandel berjualan di zona merah sehingga ditertibkan,” bebernya.

Mengingat Ramadan 2021 masih di masa pandemi Covid-19, Rasdian mengingatkan semua pedagang tak terkecuali PKL juga harus menjaga soal protokol kesehatan.

“Saat memulai usaha pedagang harus sediakan hand sanitizer, disiplin gunakan masker. Jangan sampai pedagang ini jadi klaster penyebaran Covid-19,” tandasnya. (dila)

Comments

comments