Joe Biden Segera Jalani Vaksinasi COVID-19

Dokumentasi - Presiden AS terpilih Joe Biden terlihat membuat pernyataan tentang rencananya melawan COVID-19 di monitor televisi Ruang Pengarahan Gedung Putih, setelah perusahaan farmasi raksasa Pfizer menyatakan efektivitas pengujian vaksin COVID-19 lebih dari 90%, di Washington, Amerika Serikat, Senin (9/11/2020)./Foto: Reuters/Carlos Barria /

Acuantoday.com, Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden, dan Wakil Presiden AS terpilih, Mike Pence, segera menjalani vaksinasi COVID-19.

Biden rencananya akan divaksinasi minggu depan sedangkan Mike Pence divaksinasi Jumat. Demikian informasi dari beberapa anggota tim transisi Biden, Rabu (16/12) waktu setempat.

Vaksinasi merupakan salah satu upaya Pemerintah AS menanggulangi pandemi dan membangun kepercayaan publik.

Proses vaksinasi kepada Biden dan Pence akan dilakukan secara terbuka demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan vaksin.

Vaksin COVID-19 rencananya akan tersedia untuk seluruh warga AS tahun depan.

Sementara Presiden Donald Trump dijadwalkan akan divaksinasi setelah ada rekomendasi dari tim kesehatannya, kata Pejabat Bidang Media Gedung Putih, Kayleigh McEnany, Selasa (15/12).

Dosis vaksin pertama yang akan tersedia minggu ini akan diberikan pertama kali untuk dokter, perawat, dan tenaga kesehatan garda depan lainnya, serta penghuni dan pengurus panti jompo, dan beberapa pejabat pemerintah.

Pemerintah berencana mendapatkan 2,9 juta dosis vaksin buatan Pfizer Inc dan BioNTech SE pada akhir pekan ini.

Data Reuters menunjukkan 304.187 warga AS tewas akibat COVID-19 dan 16,7 juta jiwa orang di AS — sekitar lima persen dari total populasi — kena COVID-19.

Vaksinasi dilakukan saat Biden tengah menyusun kabinetnya sebelum ia resmi menjabat pada 20 Januari 2021. (Budi/Ant/Reuters)

Comments

comments