Jokowi akan Saksikan Ratusan Seniman Divaksin Covid-19

Kartika Affandi.. (Foto : Chaidir/Acuantoday.com)\

Acuantoday.com, Yogyakarta- Ratusan seniman dan budayawan Yogyakarta akan mengikuti vaksinasi Covid-19, Rabu (10/3/2021). Vaksinasi yang akan digelar di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, rencananya bakal disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Vaksinasi yang dilakukan oleh Sekretariat Kepresidenan itu akan menyasar ke sekitar 500 seniman yang ada di Yogyakarta.

Menurut Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho untuk melancarkan proses vaksinasi kepada seniman dan budayawan pihaknya sudah menggelar rapid tes dan juga uji Swab PCR kepada tamu undangan termasuk vaksinator.

Ia menerangkan ada 60 vaksinator yang bertugas. Selain itu ada 200 tamu undangan yang telah di rapid test dan 110 orang telah di swab PCR.

“Dari jumlah itu, 60 orang adalah undangan dari Bantul termasuk pak Bupati, Abdul Halim Muslih. Ini dilakukan untuk memastikan tamu undangan tidak terpapar Covid-19,” ujar Abednego kepada wartawan, Selasa (9/3/2021).

Abednego mengatakan, sejauh ini tidak ada perubahan terkait dengan jumlah seniman dan budayawan yang akan menjalani vaksinasi pada Rabu (10/3/2021). Dari daftar yang ada, tetap ada 500 seniman dan budayawan terdaftar menerima vaksin. Adapun jumlah seniman dan budayawan yang masuk dalam usia lanjut (lansia), ia memastikan jumlahnya tidak sampai 40 persen dari total 500 orang penerima vaksin.

Ada pun ama-nama yang sudah teregister, kata Abednego, di antaranya Romo Sindhunata, Djoko Pekik, Kartika Affandi, Ivan Sagita, Maria ‘Papermoon’ Tri Sulistyani, Susilo ‘Den Baguse Ngarso’ Nugroho, Marwoto, Didik Nini Thowok, Juki ‘Kill The DJ’, dan Hanung Bramantyo. Selain itu, ada Butet Kertarajasa yang juga masuk dalam daftar penerima  vaksin. Selain divaksin mereka juga akan bertemu dengan Jokowi.

“Yang 10 seniman ini sudah di screening dan bisa bertemu pak Jokowi. Tetapi Jumlah ada berapa orang yang bisa divaksin, baru bisa dilihat besok di meja 2. Akan ada screening terkait kerentanan dan juga kepastian calon penerima vaksin memiliki komorbid atau tidak,” katanya.

Vaksinasi seniman dan budayawan, ditarget selesai hanya 1 hari. Abednego mengatakan bakal membagi dua shift, mulai pagi dan siang.

“Nanti dibagi dua shift, vaksinasi mulai pagi sebelum pukul 09.00 wib. Lalu dilanjutkan sekitar pukul 12.00 wib untuk shift kedua. Harapannya bisa selesai 1 hari,” ujar dia

Terpisah, Panewu Kasihan, Slamet Santoso menjelaskan tidak ada acara seremonial pada vaksinasi seniman yang rencananya dihadiri Jokowi itu.

“Mengacu rundown, tidak ada seremoni khusus. Pak Jokowi datang sekitar pukul 09.00 wib saat vaksinasi sudah digelar. Nanti Presiden akan melihat ada lima orang yang divaksin, salah satunya Mas Hanung,” kata Slamet.

Slamet menambahkan, dalam jangka waktu 15 menit menunggu lima orang usai divaksin, Presiden Jokowi akan melihat pameran lukisan yang dipasang di sekitar lokasi vaksinasi.

“Ada lukisan yang dipajang di sana, ada juga tari-tarian dan musik di sekitar lokasi,” ucap dia. (Chaidir)

Comments

comments