Presiden Anugerahi Enam Tokoh Ini Gelar Pahlawan Nasional

Presiden Joko Widodo/Foto:antara

Acuantoday.com, Jakarta – Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, 10 Nopember 2020, hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana Negara, Jakarta.

Penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117 TK Tahun 2020 yang ditetapkan pada 6 November 2020.

Jokowi mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional itu  sebagai penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa mereka, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

Keenam penerima gelar Pahlawan Nsioanal tersebut yakni tokoh dari Provinsi Maluku Utara almarhum Sultan Baabullah, dari Provinsi Papua Barat almarhum Machmud Singgirei Rumagesan, dari Provinsi DKI Jakarta almarhum Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo,

Kemudian, dari Provinsi Sulawesi Utara almarhum Arnold Mononutu,  dari Provinsi Sumatera Utara almarhum Mr Sutan Mohammad Amin Nasution, dan dari Provinsi Jambi almarhum Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi.

Di akhir upacara penganugerahan gelar pahlawan, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada ahli waris penerima gelar. (Yeni/Antara)

Comments

comments