Jokowi di SU PBB: Re-aktivitasi Ekonomi Dunia Harus Dimulai

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Presiden Joko Widodo mengatakan, reaktivasi kegiatan ekonomi secara bertahap harus mulai dilakukan dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chain yang ada saat ini. Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia.

“Dunia yang sehat, dunia yang produktif harus menjadi prioritas kita,” tegas Presiden dalam pidatonya pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rabu (23/9).

Semua itu, menurut Presiden, bisa dicapai jika semua pihak bekerja sama.

“bekerja sama, bekerja sama, dan bekerja sama. Mari kita memperkuat komitmen dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerja sama,” kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden juga menyerukan tiga hal dalam pidato perdananya di SU PPB, salah satunya adalah mendorong agar kerja sama dalam penanganan Covid-19 agar diperkuat, baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya.

Menurutnya, vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi.

“Kita harus bekerja sama untuk memastikan semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau,” tegas Presiden.

Untuk jangka yang lebih panjang, kata Presiden, tata kelola ketahanan kesehatan dunia harus lebih diperkuat. Ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia. (ahm)

Comments

comments