Jokowi: Gerakan Penghijauan dan Kebersihan Sungai PDIP sesuai Fokus Pemerintah

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan secara virtual pada perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1/2021). HUT PDIP diperingati tiap tanggal 10 Januari. (Foto : Kanal YouTube PDIP)

Acuantoday.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengapresiasi Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai yang diinisiasi PDI Perjuangan dalam peringatan HUT ke-48 partai berlambang Banteng tersebut.

Menurut Kepala Negara, gerakan menanam pohon dan bersih-bersih sungai oleh seluruh kader PDIP di Indonesia itu sesuaiu dengan fokus dari visi dan misi pemerintah.

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan keluarga besar PDI Perjuangan dalam penanaman pohon, ini sangat tepat dan sesuai dengan fokus pemerintah untuk melakukan pemulihan lingkungan, rehabilitasi lingkungan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di HUT ke-48 PDI Perjuangan, yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (10/1).

Jokowi mengatakan implementasi dari fokus pemerintah itu sudah seharusnya dimulai tahun ini. Sebab, pemulihan lingkungan tidak bisa dilepaskan dari upaya pembangunan ke depan.

“Yaitu membangun sebuah green economy, green product. Saya telah menginstruksikan untuk 4 tahun ke depan kita akan melakukan rehabilitasi perbaikan hutan mangrove kurang lebih 630.000 hektar di seluruh tanah air. Kita tangani sampai tahun 2024,” ucap Jokowi.

Atas dasar itu, Jokowi mengatakan lokasi pembibitan yang tahun ini telah dicanangkan pemerintah. Yakni dengan membangun sebuah persemaian di lima lokasi di lima Provinsi. Direncanakan, setiap provinsi akan berproduksi kurang lebih 50 juta benih pohon.

“Kurang lebih 50 juta benih pohon yang akan kita pakai untuk merehabilitasi lahan-lahan yang sering longsor provinsi-provinsi yang sering banjir, artinya dalam satu tahun kita bisa memproduksi 100 juta bibit pohon,” sebut Jokowi.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah meresmikan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai yang wajib dilakukan oleh seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan yang diperingati tiap tanggal 10 Januari. Gerakan dipusatkan di Sungai Ciliwung dengan Tema ‘Cinta Ciliwung Bersih’ atau CCB.

Selain itu, sungai-sungai di seluruh Indonesia juga dibersihkan oleh kader-kader PDI Perjuangan sekaligus mengkampanyekan agar tak membuang sampah ke sungai.(har)

Comments

comments