Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26 kilometer secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9)./Foto : Antara

Acuantoday.com, Manado- Untuk pertama kali dalam sejarah, pemerintah membangun jalan tol di Provinsi Sulawesi Utara.

Pada pembangunan jalan tol tahap pertama ini, pemerintah membangun jalan Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26 kilometer.

Jalan tol pertama di Sulawesi Utara itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari  Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9).

“Dengan ucapan Bismillahirahmanirrahim, saya resmikan hari ini Tol Manado-Bitung, Ruas Manado-Danowudu,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap dengan adanya tol tersebut masyarakat di Sulawesi Utara bisa mendapat kemudahan transportasi. Presiden menjelaskan untuk menuju Bandara Sam Ratulangi pengguna tol akan lebih cepat yaitu hanya memakan 12 menit.

Bukan hanya itu, Kepala Negara juga mengatakan keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu perjalanan masyarakat dari Manado ke Bitung dan sebaliknya.

“Melalui jalan tol ini waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja. Ini sebuah kecepatan perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali,” jelas Jokowi.

Jalan Tol Manado-Bitung dikelola oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).
Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Jalan Tol Manado-Bitung sendiri memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Selain itu, Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. PT JMB juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan seperti dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek.(har)

Comments

comments