Jokowi: Kemitraan Indonesia-AS Perlu Dijaga

Presiden Joko Widodo (kiri) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10)/Foto:Antara/ Rusman.

 Acuantoday.com, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlunya memelihara kemitraan antara Indonesia-Amerika Serikat.

Jokowi juga mengatakan, kunjungan Menteri  Luar Negeri Amerika serikat, Mike Pompeo di tengah pandemik COVID-19 ini menunjukkan arti kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat

“Kunjungan Anda di tengah pandemik ini menunjukkan arti kemitraan strategis antara Indonesia dan AS, dan selama pandemik ini saling kunjung antara pejabat kita cukup intensif dan dapat saya sampaikan paling intensif,” ujar Jokowi saat menerima kunjungan Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10).

Selama pandemi  Covid 19 ini, kata Jokowi, kunjungan antara pejabat Indonesia dan AS cukup intensif, bahkan merupakan yang paling intensif.

Di Istana Kepresidenan Bogor, Pompeo disambut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sebelum diterima langsung oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga sempat mengundang Pompeo ke veranda Istana Kepresidenan Bogor untuk melihat suasana dan lingkungan Istana yang asri. Mereka berdua sempat berbincang-bincang di veranda sebelum memasuki ruang pertemuan.

Lawatan ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungan luar negeri ke Asia yang dilakukan Pompeo. Sebelum ke Indonesia, Pompeo mengunjungi, India, Sri Lanka dan Maladewa.

Sebelum kunjungan Pompeo pada Kamis ini, beberapa pejabat antara Indonesia dan AS juga telah saling melakukan lawatan resmi, di antaranya Wakil Menteri Pertahanan AS dan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC) yang telah mengunjungi Indonesia. Selain itu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto juga telah berkunjung ke AS. (Rina/Antara)

Comments

comments