Jus Sayuran dan Smoothie Tingkatkan Daya Ingat, Ini Cara Membuatnya

Ilustrasi--sumber foto alodokter.com

Acuantoday.com— Meskipun disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun banyak orang yang kurang suka dengan jus sayuran. Beda dengan jus buah yang memiliki cita rasa enak. Sementara jus sayuran sebaliknya. Meski begitu, sebagian orang tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi jus sayuran mengingat manfaat yang didapat. Ibarat jamu-jamuan yang pahit yang orang tetap meminumnya karena dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Berbeda dengan sayuran yang telah terlebih dahulu dimasak, jus sayuran diyakini lebih menyehatkan karena nutrisi didapat secara full atau tidak terbuang seperti jika melalui proses dimasak.

Ilustrasi–Aneka sayuran siap diblender –sumber foto justataste.com

Banyak literatur menyebut, mengkonsumsi jus sayuran secara rutin dapat menjaga kekebalan tubuh, terutama jika sayuran yang dijus itu mengandung Vitamin C  dan antioksidan tinggi. Mengkonsumsi jus sayuran juga diyakini membantu menghilangkan racun dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Bagi yang sedang diet, jus sayuran bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Begitu banyak manfaatnya, lalu kenapa kita tidak mencobanya?

Jangan khawatir ada cara untuk bisa menikmati jus sayuran tanpa harus mengeryitkan kening. Cara terbaik adalah dengan mengkombinasikan sayuran dan buah-buahan. Dijamin,  enak di lidah dan Anda pasti menyukainya.

Contohnya, Anda ingin memory (daya ingat) terjaga dengan baik atau tidak menjadi orang yang pelupa, jika malas mengkonsumsi suplemen, maka buatlah jus sayuran ditambah buah-buahan sebagai penyedap rasa.

Ini saran dari healthline.com, buatlah jus hijau dan smoothie. Jus hijau menggabungkan buah-buahan dan sayuran hijau, seperti: sayuran hijau tua seperti kangkung atau bayam, timun, apel hijau, campur dengan serai. Atau smoothie yang mengandung bahan-bahan seperti alpukat, yogurt, bubuk protein, atau pisang untuk menambah rasa lembut dan nutrisi.

Potensi jus hijau ataupun smoothie  untuk meningkatkan otak sangat bergantung pada bahan-bahannya. Sebaiknya cari bahan yang kaya vitamin C,  antioksidan serta kandungan bermanfaat lainnya.

Anda bisa mencoba membuat jus sederhana ini, kata heathline.com. Berikut resepnya.

Ilustrasi jus sayuran–sumber foto rebootwithjoe.com

Jus Hijau untuk 3–4 porsi

Bahan:

1 batang seledri

2 mentimun ukuran sedang

1 genggam serai

3 genggam besar bayam segar

2 buah apel hijau kecil, buang bijinya dan iris

2 buah jeruk nipis, kupas, buang bijinya

Cara:

Cuci semua bahan dengan seksama, lalu potong menjadi potongan-potongan yang cukup kecil untuk dikelola oleh juicer Anda. Masukkan  setiap bahan melalui juicer dan tampung jus di dalam toples atau kendi besar. Aduk rata dan simpan dalam kulkas hingga 5 hari.

Ilustrasi smoothie–sumber foto supervalu.ie

Smoothie  untuk 1 porsi

Bahan:

2 genggam kangkung mentah

setengah buah pisang, kupas dan iris-iris

setengahi buah alpukat

1 cangkir (245 gram) yogurt Yunani vanila

1/2 cangkir (120 mL) susu (susu atau nabati)

segenggam es

Cara:

Cuci kangkung sampai bersih. Gabungkan semua bahan dalam blender. Jika smoothie terlalu kental, coba tambahkan lebih banyak susu. Jika terlalu encer, tambahkan lebih banyak pisang atau alpukat. ***dian

Comments

comments