Kader Gerindra Terlibat KLB Demokrat Dipastikan akan Dipecat

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). (Foto : kanal YouTube)

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman memastikan pihaknya akan mengambil langkah tegas terhadap kadernya, apabila terbukti terlibat dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Barat.
“Jika benar terbukti informasi tersebut maka yang bersangkutan secara otomatis akan kehilangan keanggotaan Gerindranya,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (12/3).

Penegasan disampaikan Habiburokhman menjawab isu yang berkembang bahwa salah satu kader Partai Gerindra hadir dalam KLB tersebut.

Anggota DPR RI ini menegaskan, apabila isu itu terbukti, partainya tidak akan melakukan persidangan khusus, tetapi langsung pada pencabutan hak anggotanya.

“Jadi kami tak perlu melakukan persidangan secara khusus, cukup melakukan langkah administrasi,” tegasnya.

Dijelaskan Anggota Komisi III DPR RI ini, aturan perpartaian sudah dijelaskan dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Partai Politik, hingga anggota partai politik dapat dipecat jika kedapatan menjadi anggota partai lainnya.

“Dasar hukum yang kami jadikan rujukan adalah Pasal 16 ayat (1) huruf c UU Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik yang mengatur anggota partai politik kehilangan keanggotaan apabila menjadi anggota partai politik lain,” jelasnya.

Sebelumnya, isu keterlibatan kader Partai Gerindra di Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat lantaran fotonya saat mengikuti KLB Demokrat tersebar di medsos. Politisi itu sempat mendaftar bakal calon (balon) bupati dari Partai Gerindra. (rht)

Comments

comments